Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KABUPATEN SIJUNJUNG TERMASUK KATEGORI DAERAH TERTINGGAL

kemiskinan-sapa-sijunjungyuswirarifinSAPA - Kabupaten Sijunjung sampai tahun 2013 ini masih termasuk kategori daerah tertinggal bersama tujuh daerah lain di Sumatera Barat, atau 102 kabupaten lainnya di Indonesia.

Bupati Kabupaten Sijunjung Yuswir Arifin di Sijunjung, Senin mengatakan, sebagai salah satu daerah tertinggal di Sumbar, cukup banyak menghadapi tantangan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Namun demikian tetap optimis bisa mewujudkan nagari madani yang berkualitas, sejahtera dan merata, dengan dukungan peran serta masyarakat setempat," ujar Yuswir Arifin.

Ia menambahkan, Kabupaten Sijunjung masih di bawah rata-rata angka kemiskinan di Provinsi Sumbar, yakni angka kemiskinan sebesar 8,19 persen.

"Namun angka kemiskinan tersebut masih di bawah rata-rata nasional yakni sebesar 12,2 persen," ujar Yuswir Arifin. Dia mengatakan, laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sijunjung masih berada di bawah angka pertumbuhan ekonomi Provinsi Sumbar yakni 6,22 persen.

Kabupaten Sijunjung berada pada posisi 16 dari 19 kabupaten/kota di Provinsi Sumbar, untuk pengeluran masyarakat masih didominasi yang bersifat konsumtif bukan produktif," tutur Yuswir Arifin.

Dia menambahkan, Pemkab Sijunjung menargetkan tahun 2014 bisa menghilangkan predikat sebagai daerah tertingal dengan melakukan program-program untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kami melaksanakan program yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sijunjung dan memberi andil dalam mengantar daerah ini keluar dari kategori daerah tertinggal berdasarkan penilaian Kementerian PDT," tutur Yuswir Arifin.

Sementara itu Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI) Irman Gusman menyatakan, Kabupaten Sijunjung berusia 64 tahun masih kategori daerah tertinggal di Indonesia.

"Dalam usia 64 tahun, Kabupaten Sijunjung berstatus daerah tertinggal bersama 182 daerah yang ada di Indonesia," kata dia.
Menurut dia, pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung harus berusaha untuk melepaskan diri dari daerah tertinggal di Indonesia, sehingga tidak lagi berharap untuk mendapatkan bantuan dari pusat.

"Kepala daerah, camat, wali nagari, wali jorong, dan masyarakat harus bekerja sama agar daerah ini lepas dari status tertinggal,"ujar dia.

Program yang dicanangkan oleh Pemkab Sijunjung yakni pembangunan infrastruktur harus termasuk prioritas untuk keluar dari daerah tertinggal. "Masyarakat Sijunjung agar memanfaatkan sumber daya yang ada guna mendongkrat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sijunjung," ungkap Irman Gusman.


Antara Sumbar dot com

Terpopuler

Terbaru

MENDES SARANKAN LAPORAN KEMENDES DIAUDIT ULANG

MENDES SARANKAN LAPORAN KEMENDES DIAUDIT ULANG

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
PROGRAM PETA DESA TERANCAM MANDEK

PROGRAM PETA DESA TERANCAM MANDEK

SAPA INDONESIA - PROGRAM peta dasar untuk tingkat perdesaan...
PEREMPUAN ADAT TERABAIKAN

PEREMPUAN ADAT TERABAIKAN

SAPA INDONESIA - MESKIPUN telah meratifikasi Konvensi PBB mengenai...
KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

SAPA INDONESIA - SEBANYAK tujuh BUMDes mengikuti pelatihan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook