Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PERMUKIMAN NELAYAN SIMBORO KEPULAUAN 80 PERSEN KATEGORI RUTILAHU

kemiskinan-sapa-pesisirrutilahuSAPA - Rumah tidak layak huni ( RUTILAHU) di Kecamatan Simboro Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat yang hampir 80 persen membutuhkan bantuan dari Pemerintah untuk memperbaiki.

Petugas pendataan permukiman nelayan Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kabupaten Mamuju Mustajab di Mamuju, Senin, mengatakan, kondisi permukiman nelayan yang berada di pesisir pantai Mamuju khususnya di Kecamatan Simboro Kepulauan (Simkep) masih memprihatinkan.

Ia mengatakan sekitar 80 persen dari ratusan rumah di permukiman nelayan di daerah itu semuanya dikategorikan tidak layak huni berdasarkan pendataan yang dilakukan pemerintah Menurut dia, rumah nelayan yang tidak layak huni umumnya terbuat dari kayu dan atap rumbiah akibat nelayan masih hidup dibawah garis kemiskinan sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pangannya.

"Masyarakat nelayan di daerah pesisir Mamuju itu, umumnya berpenghasilan rendah sebagai nelayan miskin dan tidak berkecukupan sehingga tidak mampu membangun pemukiman layak," katanya.

Mustajab mengatakan, petugas pendapataan DKP Mamuju menilai pemukiman nelayan di Kecamatan Simkep tidak layak, karena dinilai dari kelayakan kondisi pemukimannya seperti atapnya, dinding, sanitasi, lantai, yang tidak layak sebagai tempat hunian yang layak.

"Pemukiman nelayan mayoritas atapnya terbuat dari daun rumbia yang sudah bocor, dindinnya dari papan lapuk yang sudah banyak yang rusak lantainya dari belahan bambu, serta tidak memiliki sanitasi layak," ujarnya.

Ia meminta agar pemerintah ditingkat pusat menyediakan alokasi anggaran bagi masyarakat di daerah nelayan untuk dibangunkan pemukiman baru yang lebih layak karena terbatasnya anggaran pemerintah di Mamuju untuk melakukan rehab.

"APBD Mamuju sangat terbatas untuk dapat menjadi solusi rehab pemukiman tidak layak huni itu, sehingga butuh bantuan dari pemerintah pusat agar dapat membantu memberikan bantuan kepada nelayan di daerah itu dengan membangun pemukiman layak huni itu," katanya.


Ciputranews dot com

Terpopuler

Terbaru

KEPALA DESA KHAWATIR RASTRA DIPOLITISASI

KEPALA DESA KHAWATIR RASTRA DIPOLITISASI

SAPA INDONESIA - KEPALA desa di Kabupaten Sampang, Jawa Timur,...
15 KABUPATEN DI JATENG MASUK ZONA MERAH KEMISKINAN

15 KABUPATEN DI JATENG MASUK ZONA MERAH KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - SEBANYAK 15 kabupaten di Jawa Tengah masuk...
FAO MINTA PEMERINTAH RI GENJOT PEMBANGUNAN DI PEDESAAN

FAO MINTA PEMERINTAH RI GENJOT PEMBANGUNAN DI PEDESAAN

SAPA INDONESIA - FOOD Agriculture Organization (FAO) of United...
MENGGENJOT PEMBANGUNAN DESA

MENGGENJOT PEMBANGUNAN DESA

SAPA INDONESIA - MEMBANGUN dari desa merupakan salah satu prioritas...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook