Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

SULITNYA MENGKIKIS KEMISKINAN DIDESA

kemiskinan-sapa-miskinbanyudesasanagataSAPA - Kemiskinan yang menjerat warga desa diakui sulit untuk ditanggulangi oleh Pemerintah desa. Program penanganan kemiskinan yang belum efektif dan tak putusnya regenerasi keluarga miskin menjadi sebagian faktor masih langgengnya kemiskinan.

Selama ini, pemerintah desa mengandalkan program PNPM Mandiri Pedesaan dan bantuan pemerintah kabupaten maupun provinsi untuk mengentaskan warga dari kemiskinan. Bantuan itu digelontorkan baik dalam bentuk fisik maupun pelatihan.

Kepala Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Ofan Sofiyan mengakui segala program yang selama ini dijalankan di desa belum optimal hasilnya. Salah satu indikatornya ialah masih terus ada warga yang tergolong rumah tangga miskin (RTM).

Masalah kemiskinan harus jadi prioritas kebijakan Pemerintah Kabupaten Banyumas. Orientasi penanganannya, kata dia, tidak bisa lagi hanya berbicara soal pembangunan fisik, akan tetapi harus sudah menyentuh ranah pemberdayaan secara matang.

Ofan mengatakan, selama ini indikator pembangunan masih soal pembangunan fisik. "Kebijakan anggaran harus lebih memperhatikan pemberdayaan di desa," kata Ofan, beberapa waktu lalu.

Pemerintah Desa Kaliori berharap, adanya pemimpin daerah hasil Pilkada Banyumas, bisa lebih memperhatikan pembangunan di desa. Terlebih desa yang ada di pinggiran. "Pembangunan masih terpusat di kota," tutur Ofan Sofiyan.

Di lain sisi, dalam penilaian Sekretaris Desa Purbadana, Kecamatan Kembaran, Surya Wibowo kemiskinan terus eksis karena terjadi regenerasi keluarga miskin. Jumlah rumah tidak layak huni atau RTLH juga bertahan, kendati ada program "bedah rumah".

Regenerasi tersebut terjadi karena keluarga miskin melahirkan keluarga baru, yang juga dalam kondisi tidak kuat perekonomiannya. "Anak keluarga miskin kan tidak mungkin menikah dengan orang mampu, ya bisanya dengan keluarga yang sama-sama miskin," kata Suryo Wibowo.

 

Sumber : Suara Merdeka dot com

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook