Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PROGRAM DANAIS BELUM SENTUH KEMISKINAN

kemiskinan-sapa-programdanais

SAPA INDONESIA - ADANYA kucuran Dana Keistimewaan (Danais) diharapkan akan mampu memberikan dorongan kuat terhadap penyelesaian masalah-masalah di DIY, di antaranya masalah angka kemiskinan yang masih tinggi. Pada kenyataannya, program-program yang berasal dari Danais belum menyentuh masalah kemiskinan.

Anggota Badan Anggaran DPRD DIY Huda Tri Yudiana mengatakan, Danais selama ini harus diakui belum optimal untuk kesejahteraan masyarakat. Sejak awal DIY menerima Danais dari pusat, alokasi yang peruntukannya untuk program-program penanggulangan kemiskinan maupun perluasan kesempatan kerja sangatlah minim.

"Penggunaan Danais selama ini terkonsentrasi hanya di beberapa tempat dan untuk beberapa pekerjaan, terutama yang terbesar untuk infrastruktur. Alokasi pro-job hanya 0,06% selama tiga tahun, sedangkan untuk pro-poor bisa dikatakan nol, padahal dua hal itu identik dengan kesejahteraan masyarakat," kata Huda, Senin (4/9/2017).

Huda tidak menafikan bahwa penggunaan Danais untuk infrastruktur akan membawa kesejahteraan masyarakat dalam jangka panjang. Namun untuk menghapus jurang kaya-miskin (gini ratio) dengan program itu tidak bisa dirasakan efeknya secara langsung.

Ditinjau dari persebarannya, program dan kegiatan yang didanai dari Danais ini hanya menyentuh sebagian kecil dari wilayah DIY dan belum merata ke masyarakat secara luas.

"Pemerataan jangkauan wilayah sangat timpang. Kalau ditinjau per kabupaten memang (alokasi Danais) sebarannya merata. Tapi kalau kita breakdown di tingkat kecamatan, sangat kecil kecamatan yang dapat. Apalagi kalau bicara desa atau pedukuhan," terang Huda.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menyatakan, Danais harus dikembalikan sesuai dengan tujuan keistimewaan DIY, yaitu untuk kesejahteraan masyarakat. Dewan berharap program pembangunan DIY lebih baik lagi ke depan dengan adanya perencanaan dan penyelarasan program sampai tingkat desa.

"Kewenangan pengalokasian di tangan Pemda DIY, salah satu penyelerasan anggarannya dengan menempatkan desa sebagai pusat pembangunan ekonomi," ujarnya.

Huda menegaskan, pengembangan infrastruktur memang sangat penting, namun persebaran Danais secara merata harus segera dilakukan. Mestinya setiap dusun di DIY bisa merasakan efek Danais.

"Kita harapkan di ulang tahun keenam keistimewaan DIY nanti, Danais bisa dirasakan di setiap dusun. Pemerataan ini mendesak, karena orang miskin di DIY itu nyebar, tidak terkonsentrasi di beberapa titik," tandasnya.

Eko menyatakan saat ini dibutuhkan langkah percepatan pembangunan. Dewan merekomendasikan Pemda DIY untuk menyelaraskan perencanaan pembangunan dan kebijakan anggaran baik dari APBD, Danais maupun Dana Desa.

Yang juga mendesak adalah percepatan penyelesaian Perdais Kebudayaan. Sebab, Perdais tersebut bisa menjadi salah satu cantolan untuk pendistribusian Danais ke desa. "Perdais itu menjadi pintu untuk mengalokasikan danais sampai ke desa, tentu melalui program kegiatan pengembangan kebudayaan dan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Hal itu diamini Huda. Menurutnya, Perdais Kebudayaan, yang masih digodok di Dewan, diharapkan bisa untuk meneteskan kucuran Danais secara lebih luas dan merata.

Dewan memang tidak memiliki kewenangan untuk membahas alokasi Danais, tetapi mestinya bisa mengarahkan melalui Perdais.

"Karena itu pembahasan Perdais Kebudayaan perlu memberikan perhatian secara detil, lebih teknis dan signifikan terhadap masalah penanggulangan kemiskinan, agar alokasi Danais di masa datang lebih adil dan berefek pada masyarakat DIY secara luas," jelas Huda.

Sumber: Krjogja dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

SAPA INDONESIA - MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencurigai...
PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) menegaskan...
PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

SAPA INDONESIA - PROGRAM padat karya cash dari dana desa diharapkan...
WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook