Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENANGGULANGAN KEMISKINAN BUTUH BASIS DATA TERPADU

kemiskinan-sapa-basisdataterpadu

SAPA INDONESIA - SEKRETARIS Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango, Ishak Ntoma menyatakan bahwa penanggulangan kemiskinan membutuhkan basis data terpadu.

Apalagi persoalan penanggulangan kemiskinan ini merupakan bagian dari prioritas pembangunan yang tertuang dalam rancangan RPJMD tahun 2016-2021.

"Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa kemiskinan di Kabupaten Bone Bolango berada pada posisi 17,97 % dengan jumlah 27.800 penduduk miskin di tahun 2016,"kata Sekda Ishak Ntoma saat membuka rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Bone Bolango tahun 2017, di Aula Kantor Bappeda-Litbang Bone Bolango, Rabu (13/9).

Sekda mengatakan dengan target penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Bone Bolango sampai dengan tahun 2021 sebesar 10 %, maka hal ini perlu untuk diseriusi agar pencapaian-pencapaian penurunan angka kemiskinan dapat terealisasi sebagaimana yang kita inginkan.

Oleh karena itu, untuk menunjang strategi penanggulangan kemiskinan diperlukan suatu data agar lebih tepat sasaran, yakni by name by address. Butuh basis data terpadu TNP2K untuk dapat dimanfaatkan sebagai data dasar dalam pelaksanaan perencanaan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Bone Bolango.

"Misalnya program perbaikan rumah layak huni, program beasiswa, program sanitasi rumah tangga, program jaminan kesehatan, serta program lainnya untuk masyarakat miskin,"kata Sekda Ishak Ntoma.

Ishak Ntoma mengungkapkan ada beberapa strategis yang bisa diupayakan untuk mengeluarkan masyarakat miskin dari jurang kemiskinan, diantaranya mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin yang difokuskan pada peningkatan penyempurnaan kualitas kebijakan perlindungan sosial berbasis keluarga.

Selanjutnya, meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin yang difokuskan pada menyempurnakan dan meningkatkan efektifitas program berbasis pemberdayaan masyarakat, dan mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro dan kecil yang difokuskan pada peningkatan akses usaha mikro dan kecil pada sumber produktif, serta program pro rakyat lainnya.

Untuk itu, Sekda berharap setelah pelaksanaan rapat tersebut agar mengoptimalkan fungsi TKPK dalam mensinergikan program penanggulangan kemiskinan di daerah.

Selain Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para camat segera melakukan langkah-langkah perbaikan terhadap pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan di daerah ini.

Sumber: Bonebolangokab dot go dot id

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RATUSAN JUTA RAIB MISTERIUS, OKNUM PAMONG NGAKU HILANG INGATAN USAI MAKAN SATE

DANA DESA RATUSAN JUTA RAIB MISTERIUS, OKNUM PAMONG NGAKU HILANG INGATAN USAI MAKAN SATE

SAPA INDONESIA - PELAKSANAAN program dengan memakai Dana Desa...
BISNIS INKLUSIF BANTU BERANTAS KEMISKINAN

BISNIS INKLUSIF BANTU BERANTAS KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH berupaya mencapai pertumbuhan ekonomi...
AGAR JKN DAPAT BERLANJUT

AGAR JKN DAPAT BERLANJUT

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH terus mengkaji sejumlah opsi agar...
TAK HANYA MASYARAKAT MISKIN, RENTAN MISKIN JUGA PERLU DIPERHATIKAN

TAK HANYA MASYARAKAT MISKIN, RENTAN MISKIN JUGA PERLU DIPERHATIKAN

SAPA INDONESIA - BADAN Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook