Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KREDIT JAMBAN SEHAT JADI CARA TEKAN ANGKA KEMISKINAN DI DOMPU

kemiskinan-sapa-kreditjambansehat

SAPA INDONESIA - SANITASI merupakan salah satu unsur yang dinilai saat menentukan masyarakat miskin. Karena, hal ini terkait langsung dengan kebersihan lingkungan dan kesehatan.

Sistem kredit jamban sehat seperti yang sudah dipelopori Rudi Purtomo di Huu akan diterapkan di Dompu mengurangi angka kemiskinan yang masih tersisa 14,3 persen.

Wakil Bupati Dompu, Arifuddin, SH kepada Suara NTB di ruang kerjanya, kemarin mengungkapkan, program jambanisasi menjadi salah satu program yang akan didorong di Kabupaten Dompu melalui Desa sebagai salah satu upaya pananggulangan kemiskinan.

Kepemilikan jamban menjadi salah satu unsur yang dinilai dalam penentuan warga miskin atau tidak.

"Jamban ini berkaitan dengan sanitasi dan lingkungan. Ketika orang buang air sembarangan, maka akan berdampak pada lingkugan sekitar. Kenanya juga masyarakat itu sendiri," katanya.

Program jambanisasi ini akan dilakukan dengan sistem kredit jamban sehat untuk masyarakat melalui BUMDes.

Karena untuk jamban sehat yang seperti yang dikembangkan Rudi Purtomo binaan STBM Sehati hanya membutuhkan biaya sekitar Rp 800 ribu dan masyarakat mengembalikan pembiayaannya melalui BUMDes. Masyarakat pun dapat disadarkan untuk tidak buang air sembarang dan melibatkan masyarakat sekitar.

APBDes, APBD Dompu dan didukung APBD provinsi akan direalisasikan mulai 2018. Karena untuk tahun 2017 ini, anggaran pemerintah sedang berjalan. Namun kedepan akan diprioritaskan untuk daerah pesisir seperti Huu, Jala, Jambu, Soro, Calabai dan daerah pesisir lainnya.

Karena daerah pesisir cukup rentan membuang air sembarangan dan cenderung memanfaatkan pesisir pantai sebagai WC umum, sehingga mudah terjangkit wabah penyakit. "Makanya daerah pesisir ini yang akan kita prioritaskan kedepan," terangnya.

Untuk mewujudkan target pengentasan kemiskinan yang akan dimulai dari Desa ini, Arifuddin mengaku, dalam waktu dekat pihaknya akan mengumpulkan Desa.

Sehingga pemerintah Desa ikut bertanggungjawab dalam mengurangi angka kemiskinan di Desanya. Sinkronisasi perencanaan di daerah untuk APBD 2018 juga akan dilakukan.

Terhadap rekomendasi untuk indikator pengurangan kemiskinan hasil pertemuan di Provinsi beberapa waktu lalu, Kepala bidang Ekonomi Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, M Syahroni, SE, MM menambahkan, Kabupaten Dompu mendapat alokasi 12 BUMDes yang akan dikembangkan dan dikawal pengalokasian jambat sehat untuk masyarakat.

Jamban sehat ini, Dompu dialokasikan 126 jamban sehat. Pengembangan rumah tangga miskin, Dompu mendapat alokasi 200 unit rumah, 20 kelompok usaha bersama, 10 kelompok rumah pangan lestari, 25 Desa untuk bank sampah, dan 10 titik cakupan air bersih.

Basis data terpadu (BDT) akan menjadi sumber data tunggal dari setiap sasaran program yang dilaksanakan SKPD. Dengan demikian, angka kemiskinan di Dompu tersisa 14,3 persen atau 34 ribu jiwa bisa segera ditekan. Terlebih, target pengurangan kemiskinan Dompu hingga tahun 2021 akan datang menyisakan di bawah 10 persen.

Sumber: Suarantb dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RATUSAN JUTA RAIB MISTERIUS, OKNUM PAMONG NGAKU HILANG INGATAN USAI MAKAN SATE

DANA DESA RATUSAN JUTA RAIB MISTERIUS, OKNUM PAMONG NGAKU HILANG INGATAN USAI MAKAN SATE

SAPA INDONESIA - PELAKSANAAN program dengan memakai Dana Desa...
BISNIS INKLUSIF BANTU BERANTAS KEMISKINAN

BISNIS INKLUSIF BANTU BERANTAS KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH berupaya mencapai pertumbuhan ekonomi...
AGAR JKN DAPAT BERLANJUT

AGAR JKN DAPAT BERLANJUT

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH terus mengkaji sejumlah opsi agar...
TAK HANYA MASYARAKAT MISKIN, RENTAN MISKIN JUGA PERLU DIPERHATIKAN

TAK HANYA MASYARAKAT MISKIN, RENTAN MISKIN JUGA PERLU DIPERHATIKAN

SAPA INDONESIA - BADAN Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook