Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PKH MENDORONG ANAK-ANAK PENERIMA MANFAAT UNTUK BERPRESTASI

kemiskinan-pkhpenerimamanfaatberprestasi

SAPA INDONESIA - PROGRAM Keluarga Harapan (PKH) yang menjadi unggulan Kementerian Sosial untuk penanganan masalah kemiskinan mampu mendorong anak-anak dari keluarga penerima manfaat (KPM) untuk berprestasi.

"Dengan dukungan subsidi dan bantuan kepada keluarga PKH turut mendorong anak-anak penerima manfaat untuk meraih prestasi di berbagai bidang," kata Dirjen Jaminan dan Perlindungan Sosial Harry Hikmat yang dihubungi dari Jakarta, Minggu.

Dalam laporan tiga tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan tema Pemerataan Ekonomi Yang Berkelanjutan tentang pelaksanaan jaminan sosial, Harry mengatakan cukup banyak anak dari keluarga penerima manfaat yang berprestasi baik dibidang akademik, olahraga maupun seni di tingkat nasional dan internasional.

Dia mencontohkan anak penerima manfaat PKH asal Demak mendapatkan juara lomba robotik internasional di Amerika Serikat, di Tuban, Jawa Timur seorang anak keluarga PKH menjuarai olahraga judo tingkat ASEAN.

Selain itu, sejumlah anak penerima PKH lulusan SMA juga diterima diberbagai perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan.

Dia mengatakan, berdasarkan evaluasi Bank Dunia, Bappenas dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan serta Puslitbang Kementerian Sosial tahun 2015-2016, PKH berdampak positif pada tingkat konsumsi rumah tangga, angka partisipasi sekolah dan akses ibu hamil serta anak balita pada layanan kesehatan.

Pada tingkat partisipasi sekolah, meningkatnya akses Sekolah Dasar sebesar 49,2 persen, SMP sebesar 49,9 persen dan SMA sebesar 30,9 persen. Selain itu terdapat kenaikan persentase anak yang melanjutkan ke pendidikan menengah sebesar 8,8 persen.

Serta berdampak pada penurunan jumlah pekerja anak. Berdasarkan Lakin Kemensos 2016 ada peningkatan partisipasi sekolah setelah menerima PKH dibandingkan sebelum menerima PKH sebesar 46,33 persen.

Sumber: Antaranews dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RATUSAN JUTA RAIB MISTERIUS, OKNUM PAMONG NGAKU HILANG INGATAN USAI MAKAN SATE

DANA DESA RATUSAN JUTA RAIB MISTERIUS, OKNUM PAMONG NGAKU HILANG INGATAN USAI MAKAN SATE

SAPA INDONESIA - PELAKSANAAN program dengan memakai Dana Desa...
BISNIS INKLUSIF BANTU BERANTAS KEMISKINAN

BISNIS INKLUSIF BANTU BERANTAS KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH berupaya mencapai pertumbuhan ekonomi...
AGAR JKN DAPAT BERLANJUT

AGAR JKN DAPAT BERLANJUT

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH terus mengkaji sejumlah opsi agar...
TAK HANYA MASYARAKAT MISKIN, RENTAN MISKIN JUGA PERLU DIPERHATIKAN

TAK HANYA MASYARAKAT MISKIN, RENTAN MISKIN JUGA PERLU DIPERHATIKAN

SAPA INDONESIA - BADAN Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook