Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PRESIDEN, MENTERI DAN PENGUSAHA DUDUK BARENG BAHAS KEMISKINAN HINGGA LAPANGAN KERJA

kemiskinan-presidendudukbareng

SAPA INDONESIA - KAMAR Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menghelat rapat koordinasi nasional (Rakornas) 2017 dengan melibatkan kalangan swasta bersama dengan pemerintah untuk mensinergikan langkah dunia usaha dengan kebijakan pemerintah.

Rencananya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para menteri Kabinet Kerja terkait akan ikut dalam Rakornas Kadin 2017. Mengangkat tema "Pemerintah Bersama Dunia Usaha Mendorong Penciptaan Lapangan Kerja, Mengurangi Tingkat Kemiskinan dan Kesenjangan", Rakornas 2017 membagi bidang dan sektor usaha ke dalam 14 kluster utama yang rinciannya akan dibahas bersama para menteri terkait.

"Kami akan menghimpun masukan-masukan strategis dari kalangan dunia usaha. Tak hanya itu kami juga akan sinergikan langkah dengan kebijakan pemerintah," ungkap Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani di Ritz Charlton Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Rosan mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah mendorong penciptaan lapangan kerja yang seluas-luasnya. Langkah tersebut perlu didukung kebijakan pemerintah yang berpihak pada penciptaan iklim usaha yang kondusif, pertumbuhan ekonomi serta peningkatan daya saing dunia usaha nasional.

"Kita berharap penciptaan lapangan kerja akan mampu mengurangi tingkat kemiskinan dan kesenjangan ekonomi secara signifikan," ujarnya.

Untuk diketahui dalam Rakornas Kadin 2017, akan dilakukan secara serentak koordinasi dengan kalangan pemerintah. Di mana Kadin membagi bidang dan sektor ke dalam 14 kluster utama.

1. Kluster bidang sumber daya mineral, batu bara, listrik, industri, migas, energi terbarukan dan lingkungan hidup akan dibahas bersama Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Menteri LHK Siti Nurbaya.

2. Kluster bidang perbankan, fiskal, pasar modal, dan investasi akan dibahas bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani, Ketua OJK Wimboh Santoso, Gubernur BI Agus Martowardojo, dan Kepala BKPM Thomas Lembong.

3. Kluster bidang organisasi dan keanggotaan dan pemberdaan, koordinator wilayah barat dan wilayah tengah akan dibahas bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri PDTT Eko Putro Sandjojo.

4. Kluster bidang UMKM dan koperasi, industri kreatif dan inovasi teknologi stratup akan dibahas bersama Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga dan Kepala Bekraf Triawan Munaf.

5. Kluster bidang perindustrian dan perdagangan akan dibahas bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

6. Kluster bidang agribisnis, pangan dan kehutanan, pengelolaan makanan dan industri peternakan, serta perikanan akan dibahas bersama Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Menteri KKP Susi Pudjiastuti.

7. Kluster bidang perhubungan, logistik dan pengelolaan rantai pasok setera ICT dan ristek akan dibahas bersama Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudi Antara.

8. Kluster bidang pariwisata akan dibahas bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya.

9. Kluster bidang BUMN dan CSR dan Persaingan usaha akan dibahas bersama Menteri BUMN Rini Soemarno dan Ketua KPPU Syarkawi Rauf.

10. Kluster bidang kontruksi dan infrastruktur akan dibahas bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

11. Kluster bidang pendidikan dan kesehatan, tenaga kerja, dan hukum akan dibahas oleh Menko PMK Puan Maharani, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

12. Kluster bidang properti dan pengmebangan kawasan ekonomi akan dibahas oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Agraria dan Kepala BPN Sofyan Djalil dan Kepala BKPM Thomas Lembong.

13. Kluster bidang pemberdayan perempuan dan industri olahraga dibahas oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Menteri Pemberdayaan Perempuan Yohana Yembise.

14. Kluster bidang hubungan internasional dibahas oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Sumber: Okezone dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

SAPA INDONESIA - MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencurigai...
PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) menegaskan...
PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

SAPA INDONESIA - PROGRAM padat karya cash dari dana desa diharapkan...
WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook