Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TARGET PDB PERIKANAN 7,25 PERSEN TAHUN 2014

kemiskinan-pemiskinan-perikanan

SAPA - Angka pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) perikanan tahun 2014 ditargetkan pemerintah dengan pencapaian sebesar 7,25% atau naik 0,77% dari tahun sebelumnya. Produksi perikanan ditargetkan akan mencapai 22,39 juta ton terdiri dari perikanan tangkap sebesar 5,50 juta ton dan perikanan budidaya sebesar 16,89 juta ton.

Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Indra Sakti, SE, MM, Rabu (20/2) mengatakan, untuk produksi garam rakyat pemerintah menargetkan 3,03 juta ton atau naik sekitar 1 juta ton dari produksi sebelumnya. Sedangkan untuk nilai tukar nelayan (NTN) dan Nilai Tukar Pembudidaya Ikan (NTPi) diharapkan akan menyentuh angka 112, termasuk tingkat konsumsi ikan dalam negeri harus mencapai 38 kg per kapita. "Selain kinerja membaik, untuk penanganan kasus seperti kasus penolakan ekspor hasil perikanan per negara mitra bisa ditekan dibawah 10 kasus," ujarnya.

Dikatakannya, masih banyak permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah dalam mengelola sumber daya kelautan dan perikanan. Diantaranya adalah hampir 25,37% dari 7,87 juta penduduk miskin nasional tinggal di wilayah pesisir. Selain itu, masih terbatasnya akses permodalan, kurang optimalnya ketersediaan sarana prasarana kelautan dan perikanan, menjadi kendala serius.

Masalah lain, tingkat pendidikan dan keterampilan yang terbatas serta sistem pendataan kelautan dan perikanan yang masih perlu terus ditingkatkan dan pembiayaan baik APBN maupun APBD masih terbatas. Untuk itu, sangat diperlukan dukungan lintas Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah. Seperti pembangunan infrastruktur dan konektivitas melalui penyediaan lahan bagi infrastruktur, kerjasama antar daerah dalam pembangunan infrastruktur dan konektivitas, serta perubahan mindset masyarakat untuk mendukung pembangunan infrastruktur dan konektivitas.

Untuk mendorong terwujudnya kawasan pertumbuhan ekonomi berbasis partisipasi sektor usaha kelautan dan perikanan, pemerintah bisa melakukan pemberian insentif dan perlakuan khusus. Upaya ini untuk mengundang sektor usaha membangun kawasan pertumbuhan ekonomi, serta penyediaan areal/lahan bagi penanam modal.

Selain itu, perlu dilakukan peningkatan daya saing produk perikanan serta mempermudah perijinan dan peraturan daerah yang menunjang iklim investasi. Banyak hal lain yang bisa memacu pertumbuhan investasi, diantaranya insentif pajak daerah, peningkatan kualitas pelayanan terhadap penanam modal, mendukung sektor unggulan di daerah masing-masing.

Tahun 2013, pemerintah tetap akan fokus pada pelaksanaan industrialisasi kelautan dan perikanan dengan pendekatan blue economy, melalui peningkatan nilai tambah dan sinergi hulu-hilir usaha ekonomi kelautan dan perikanan. Program ini berbasis pada komoditas, kawasan serta pembenahan sistem dan manajemen.

Untuk program pengembangan kawasan minapolitan, pemerintah akan melakukan evaluasi kegiatan minapolitan dan tindak lanjut percepatan pengembangannya melalui strategi industrialisasi. Termasuk program PNPM Mandiri dan program Peningkatan Kehidupan Nelayan (PKN) dalam rangka pelaksanaan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) melalui evaluasi dampak PNPM Mandiri.

 

kominfo dot jatimprov dot go dot id

Terpopuler

Terbaru

KE ISTANA, BIBIT SAMAD BAHAS DANA DESA DENGAN TETEN MASDUKI

KE ISTANA, BIBIT SAMAD BAHAS DANA DESA DENGAN TETEN MASDUKI

SAPA INDONESIA - KETUA Satgas Dana Desa Bibit Samad Rianto...
60 PERSEN DESA SUDAH TERAPKAN SISTEM INFORMASI

60 PERSEN DESA SUDAH TERAPKAN SISTEM INFORMASI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)...
PENURUNAN DANA DESA GUNUNGKIDUL BELUM DISOSIALISASIKAN

PENURUNAN DANA DESA GUNUNGKIDUL BELUM DISOSIALISASIKAN

SAPA INDONESIA - PAGU anggaran dana desa 2018 dari Pemerintah...
AWASI DANA DESA, KAPOLDA MOU DENGAN GUBERNUR JATIM

AWASI DANA DESA, KAPOLDA MOU DENGAN GUBERNUR JATIM

SAPA INDONESIA - KAPOLDA Jatim Irjen Pol Mahfud Arifin melakukan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook