Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

MENABUNG SAMPAH DAPAT RUPIAH DI BANK SAMPAH PURWOREJO

kemiskinan-banksampahppurworejo

SAPA INDONESIA - SELAIN membuat kotor, sampah juga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Sampah plastik, logam, kertas, dan kaca merupakan sampah anorganik yang tidak bisa hancur bertahun-tahun di dalam tanah.

Di Purworejo, Jawa Tengah sampah justru ditabung atau dikumpulkan oleh warga sehingga bisa mendatangkan rupiah. Hal itu yang dilakukan oleh Karang Taruna Tri Guyub Rukun di Desa Trirejo, Kecamtan Loano. Mereka mendirikan sebuah Bank Sampah yang menampung berbagai jenis sampah dari seluruh Purworejo.

Bank sampah yang terletak di Jl Magelang KM 5, Dusun Sejiwan Lor, RT 04/ RW 01, Desa Trirejo, Kecamatan Loano itu berdiri sejak tahun 2013. Hingga saat ini sudah ratusan nasabah yang terdiri dari warga Purworejo hingga instansi pemerintah dan sekolahan telah tercatat di bank sampah itu.

Ketua karang taruna Tri Guyub Rukun, Dwi Agus Santoso (34) mengatakan beberapa jenis sampah yang bisa di tabung antara lain plastik, logam, kertas, dan kaca yang termasuk dalam golongan sampah anorganik. Sedangkan untuk sampah organik tidak ditabung melainkan diolah menjadi pupuk kompos.

"Ada beberapa jenis sampah yang ditabung seperti plastik, logam, kertas dan kaca. Untuk yang organik tidak ditabung tapi diolah langsung menjadi pupuk kompos," katanya.

Menurutnya masyarakat hanya perlu membayar 5 ribu per bulan untuk jasa pengangkutan sampah organik. Pupuk kompos sendiri dijual dengan harga 5 ribu per 5 kilogram.

Sistem tabungan yang dijalankan pada bank sampah ini, warga membawa berbagai jenis sampah yang telah ditentukan. Ada petugas yang mengumpulkan, menimbang dan menaksir sampah-sampah yang disetorkan itu.

"Sebelum ditabung, sampah milik nasabah ditimbang dan akan dihargai sesuai dengan jenisnya. Misal plastik akan kami hargai sekitar 1.500 sampai dengan 4.500 per kilo tergantung jenisnya," lanjut Dwi.

Setelah dirupiahkan, maka nilai nominal tersebut akan dicatat pada buku tabungan nasabah. Uang yang terkumpul, baru bisa dicairkan minimal dalam 3 bulan. Pelayanan tabungan maupun pencairan akan dilayani setiap hari Senin-Sabtu mulai jam 08.00-16.00 WIB.

Keuntungan yang bisa didapat warga ketika menjadi nasabah bank sampah tersebut antara lain bisa mendapatkan uang serta lingkungan bersih dan sehat. Barang-barang bekas yang telah ditabung akan dipilah oleh pihak bank sampah. Semua barangh karena selain dijual kembali, sampah-sampah itu akan dibuat menjadi berbagai barang kerajinan tangan.

"Selain dapat rupiah, lingkungan juga bersih dan sehat. Itu keuntungan yang bisa didapat nasabah. Kemudian sampah-sampah yang telah ditabung akan kami pilah dan kami jual lagi ke luar kota, sebagian kami olah menjadi barang kerajinan tangan seperti tas, dompet, bunga dan lain-lain," imbuhnya.

Sementara itu salah satu nasabah, Iwan (33) yang telah menabung sampah selama 2 tahun mengaku senang karena selain dapat rupiah, lingkungannya pun bersih dan sehat. Ia mengharapkan kedepannya bank sampah tersebut bisa semakin besar dan nasabah semakin bertambah agar lingkungan semakin bersih dan sehat.

"Tadi nabung botol mineral dapat 2 kilogram. Alhamdulillah, selain barang-barang bekas yang nggak dipakai bisa jadi duit, lingkungan juga bersih. Semoga nasabahnya semakin banyak, karena semakin banyak nasabah berarti lingkungan semakin bersih dan sehat," tuturnya.

Bank sampah ini juga menjadi Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) terbaik tingkat Jawa Tengah pada Program Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) Reduce Reuse Recycle (3R) berbasis masyarakat 2015. KSM Tri Guyub Rukun dinobatkan sebagai kader Jawa Tengah dalam program penanganan sampah nasional.

Sumber: Detik dot com

Terpopuler

Terbaru

PADAT KARYA TUNAI ALIRKAN UANG KE DESA

PADAT KARYA TUNAI ALIRKAN UANG KE DESA

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan...
PRESIDEN SEBUT PADAT KARYA TUNAI TINGKATKAN DAYA BELI

PRESIDEN SEBUT PADAT KARYA TUNAI TINGKATKAN DAYA BELI

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo menyebut program padat...
PEMPROV BALI JADIKAN DESA SEBAGAI FOKUS PENANGGULANGAN KEMISKINAN

PEMPROV BALI JADIKAN DESA SEBAGAI FOKUS PENANGGULANGAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Bali menargetkan...
PEMPROV JATIM TERUS OPTIMALKAN PROGRAM UNTUK WANITA SINGLE PARENT

PEMPROV JATIM TERUS OPTIMALKAN PROGRAM UNTUK WANITA SINGLE PARENT

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook