Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

JURUS JOKOWI PANGKAS TINGKAT KEMISKINAN DI RI

kemiskinan-jokowijurusdiRI

SAPA INDONESIA - HINGGA Maret 2017, tingkat kemiskinan di Indonesia sebesar 10,64%. Jumlah penduduk miskin per Maret 2017 tercatat 27,77 juta orang.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan, pemerintah memiliki sejumlah cara menekan tingkat kemiskinan untuk menyejahterakan masyarakat. Salah satunya pembangunan infrastruktur di berbagai daerah bahkan pelosok.

Pembangunan infrastruktur memberikan manfaat tidak hanya kepada masyarakat kelas menengah atau atas yang menikmatinya, masyarakat kelas bawah juga merasakan manfaatnya langsung dengan terlibat langsung dalam pembangunan infrastruktur yang terbilang cukup masif.

"Pekerja infrastruktur saat awal dikembangkan diperlukan kelompok bawah. Kalau dia sudah selesai siapa paling bisa memanfaatkannya boleh jadi bukan kelompok bawah," kata Darmin dalam Sarasehan 100 Ekonom di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2017).

Selain itu, pendistribusian lahan juga menjadi hal penting untuk mengurangi kemiskinan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan kehadiran lahan, maka produktivitas masyarakat bisa meningkat dengan dimanfaatkan misalnya untuk lahan pertanian.

Dalam hal ini, pemerintah mempersiapkan program perhutanan sosial. Program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengelola lahan yang dimiliki pemerintah selama 35 tahun secara produktif yang diawasi per lima tahun.

"Lahan ini yang kita siapkan sekarang berjalan yang sebut perhutanan sosial. Bukan bagi-bagi lahan, tapi beri akses kepada rakyat. Dulu sudah ada tapi tidak diatur dengan baik. Boleh 30-35 tahun, 5 tahun review," kata Darmin.

Selain itu, pemerintah juga fokus meningkatkan keahlian lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kurikulum SMK, kata Darmin, perlu diubah agar mampu bersaing di dunia kerja.

Selain itu, program pemagangan untuk siswa-siswi SMK perlu digalakkan agar sesuai dengan kebutuhan industri. Program pemagangan diharapkan bisa mengurangi tingkat pengangguran dari lulusan SMK yang tinggi.

"Paling-paling di kelas 30%, praktik 30%, magang 30%. Magang perlu industri perlu itu, enggak bisa di laboratorium harus bekerja sesuai apa yang mau dituju," ujar Darmin.

Pangkas ketimpangan

Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menambahkan dalam dua tahun terakhir, gini rasio mengalami tren penurunan. Dari level 0,397 di tahun 2016 turun menjadi 0,393 di tahun 2017.

"Kita harus mulai berpikir. Ada sesuatu yang harus dibenahi di struktur ekonomi kita," kata Bambang.

Ia mengatakan ada beberapa hal yang dilakukan pemerintah untuk mengupayakan penurunan angka tersebut. Misalnya dengan menyediakan lapangan kerja baru.

"Pertama menyediakan lapangan kerja baru, meningkatkan iklim investasi seperti padat karya, iklim tenaga kerja jadi menguntungkan pekerja, perbaikan pendidikan vokasi dan pemagangan," tuturnya.

Selain itu, meningkatkan produktivitas sektor pertanian, jenis industri yang beragam dan produksi yang memiliki nilai tambah dan akses pengelolaan lahan bagi penduduk yang kurang mampu. Kemudian, mengembangkan ekonomi produktif dan UMKM, perlindungan sosial dan pelayanan dasar.

"Pengembangan ekonomi produktif dan UMKM, misalnya optimalisasi akses produksi. Lalu, perlindungan sosial misalanya melakukan integrasi bantuan sosial dan pelayanan dasar seperti penjangkauan pelayanan dasar," katanya.

Sumber: Detik dot com

Terpopuler

Terbaru

PADAT KARYA TUNAI ALIRKAN UANG KE DESA

PADAT KARYA TUNAI ALIRKAN UANG KE DESA

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan...
PRESIDEN SEBUT PADAT KARYA TUNAI TINGKATKAN DAYA BELI

PRESIDEN SEBUT PADAT KARYA TUNAI TINGKATKAN DAYA BELI

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo menyebut program padat...
PEMPROV BALI JADIKAN DESA SEBAGAI FOKUS PENANGGULANGAN KEMISKINAN

PEMPROV BALI JADIKAN DESA SEBAGAI FOKUS PENANGGULANGAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Bali menargetkan...
PEMPROV JATIM TERUS OPTIMALKAN PROGRAM UNTUK WANITA SINGLE PARENT

PEMPROV JATIM TERUS OPTIMALKAN PROGRAM UNTUK WANITA SINGLE PARENT

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook