Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR, MDGs SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ANGKA KEMATIAN IBU DAN KEMATIAN BAYI DI INDONESIA MASIH TINGGI

kemiskinan-sapa-armidabappenas
SAPA - Tujuan Pembangunan Millenium (MDGs) yang dicanangkan pemerintah hingga 2015 akan sedikit terganggu dengan masih tingginya Angka Kematian Ibu dan Bayi di Indonesia saat ini.

"Permasalahan yang masih jauh dari pencapaian adalah kesehatan. Hal itu akan sulit dalam mengejar target sasaran pembangunan milenium," kata Armida S Alisjahbana, Kepala Bappenas, Jumat (22/2/2013). Armida menuturkan, semua pihak hendaknya bisa mengambil langkah dan tindakan pengobatan secara preventif.

Armida pernah menuturkan, tujuh sasaran pembangunan millenium tersebut adalah memberantas penyandang kemiskinan dan kelaparan, mencapai pendidikan dasar untuk semua, mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, menurunkan kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, mengendalikan HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya, serta menjamin kelestarian lingkungan hidup.

Secara keseluruhan, pencapaian sasaran tersebut telah memenuhi syarat (on track), walau secara keseluruhan masih ada beberapa target yang belum memenuhi syarat (off track).

Tiga hal yang masih off-track, yaitu indikator angka kematian ibu melahirkan yang per 100 ribu kelahiran hidup, pencegahan HIV/AIDS dan peningkatan tutupan lahan yang terkait dengan sektor kehutanan.

Angka kematian bayi turun (AKB) dari 35 per 1.000 kelahiran hidup (2004) menjadi 34 per 1.000 kelahiran hidup (2007). Sementara angka kematian ibu (AKI) menurun dari 307 per 100.000 kelahiran hidup (2004) menjadi 228 per 100.000 kelahiran hidup (2007).

Meski telah mengalami penurunan yang cukup banyak, indikator AKB dan AKI dalam MDGs masih jauh dari target yang ditentukan dan harus dicapai pada 2015.

Pemerintah masih harus bekerja keras untuk mencapai target MDG sesuai kesepakatan yaitu AKB 24 per 1.000 kelahiran hidup dan AKI 102 per 100.000 kelahiran hidup pada 2015.

 

Sumber : Tribunnews dot com

Terpopuler

Terbaru

PERLU PEMETAAN UNTUK MAKSIMALKAN PEMBANGUNAN DI TIAP DESA

PERLU PEMETAAN UNTUK MAKSIMALKAN PEMBANGUNAN DI TIAP DESA

SAPA INDONESIA - KABUPATEN Purworejo yang terdiri dari 16 Kecamatan...
NTT BELUM SATU DATA TENTANG KEMISKINAN

NTT BELUM SATU DATA TENTANG KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - KETUA Fraksi Partai Demokrat DPRD Nusa Tenggara...
MENSOS KHOFIFAH SEBUT KEMISKINAN PEDESAAN DI JAWA TIMUR AKUT

MENSOS KHOFIFAH SEBUT KEMISKINAN PEDESAAN DI JAWA TIMUR AKUT

SAPA INDONESIA - MENTERI Sosial Khofifah Indar Parawansa menyebut...
AHER USUL 20 PERSEN DANA DESA UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

AHER USUL 20 PERSEN DANA DESA UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - SEBESAR 15 sampai 20 persen dari jumlah keseluruhan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook