Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR, BLM SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KABUPATEN ACEH BESAR SERAP DANA PNPM MPD RP 171,564 MILIAR

kemiskinan-sapa-acehbesarpnpmsedotSAPA - Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) di Kabupaten Aceh Besar telah menyerap dana sebanyak Rp 171,564 miliar.

Demikian diungkapkan Wakil Bupati Aceh Besar, Syamsul Rizal kepada wartawan, Jumat (22/2). "Program berskala nasional itu mampu meletakkan dasar-dasar untuk terwujudnya sistem pengelolaan pembangunan partisipatif di gampong dan antar gampong," ujarnya.

Dana bantuan langsung masyarakat (BLM) digunakan untuk bidang-bidang yang diprioritaskan seperti prasarana umum, prasarana pendidikan, pendidikan non-prasarana, prasarana kesehatan, kesehatan non-prasarana dan simpan pinjam kelompok perempuan.

Dikatakannya, pada tahun 2012 Aceh Besar berhasil melaksanakan kegiatan PNPM-MPd Integrasi P2MKM dengan dana Rp 6,25 miliar yang bersumber dari dana urusan bersama (DUB) pemerintah pusat dan dana daerah urusan bersama (DDUB).

Atas keberhasilan pelaksanaan PNPM MPd dan PNPM Intergarasi P2MKM tahun 2012, maka Kementerian Kesra mengalokasikan dana BLM untuk Kabupaten Aceh Besar tahun 2013 sebanyak Rp 41,75 miliar atau meningkat dari tahun 2012 yang hanya Rp 39,15 miliar. "Khusus untuk PNPM MPd Intergrasi P2MKM mendapat alokasi dana Rp 4 miliar ," ucapnya.

Dia menambahkan, sebagai indikator keberhasilan PNPM-MPd Integrasi P2MKM adalah komitmen pemda mendanai usulan kegiatan masyarakat sesuai hasil musrenbang kabupaten, kecamatan dan gampong dengan sumber pendanaan APBK melalui SKPD.

"Kita meminta para kepala SKPD untuk menyinergikan programnya masing-masing dengan program yang diusulkan masyarakat. Kepada pihak DPRK juga dimohon dukungan yang optimal, sehingga tujuan dari PNPM-MPd Integrasi P2MKM dapat terlaksana dengan baik dan sukses,"demikian Syamsul.

 

Sumber : Medan Bisnis dot com

Terpopuler

Terbaru

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

SAPA INDONESIA - BADAN Usaha Milik Desa (BUMDES) perlu untuk...
YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

SAPA INDONESIA - KETUA Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh...
BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

SAPA INDONESIA - PRODUK jenis jagung di Bengkulu Selatan jadi...
BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Purwakarta Dedi Mulyadi mengumpulkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook