Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TUJUH RIBU KEPALA KELUARGA JADI SASARAN VERIFIKASI PKH

kemiskinan-7000pkhsasaranverifikasi

SAPA INDONESIA - JUMLAH penerima manfaat program keluarga harapan (PKH) di Kabupaten Sleman bakal bertambah. Dinas Sosial (Dinsos) setempat tengah melakukan verifikasi terhadap 7.000 kepala keluarga (KK) yang diusulkan sebagai penerima PKH.

Sementara data terakhir per tahun 2017, jumlah warga yang menerima manfaat PKH ada sebanyak 47.803 KK. "Petugas masih memverifikasi data tambahan sekitar 7.000 KK.

Jika memenuhi kriteria, nantinya akan dimasukkan dalam daftar penerima manfaat," kata Kepala Dinsos Sleman Sri Murni Rahayu, Selasa (9/1).

Dia menjelaskan, program ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi angka kemiskinan yang terbilang masih cukup tinggi. Saat ini ada 38.873 KK di Sleman yang masuk kategori miskin atau sekitar 10,6 persen dari keseluruhan jumlah KK di kabupaten ini. Sedangkan data rentan miskin sejumlah 71.791 KK atau 19,58 persen.

Kepala Bidang Kelembagaan dan Pemberdayaan Sosial Dinsos Sleman Pramono menambahkan, parameter penilaian penerima PKH berbeda dengan KK miskin. Di dalam verifikasi PKH, bagi kalangan keluarga miskin harus memenuhi empat komponen yakni memiliki anggota berusia lansia, anak sekolah, ibu hamil, dan anak berkebutuhan khusus atau difabel.

Jika di dalam keluarga tidak terdapat lagi komponen tersebut, maka namanya akan dicoret dari daftar penerima PKH. Disamping itu, bantuan PKH dapat dihentikan atau ditunda penyalurannya jika didapati keluarga bersangkutan tidak mematuhi ketentuan.

Semisal ibu hamil ternyata tidak pernah memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat, atau anak dalam keluarga itu jarang masuk sekolah.

"Untuk memastikan bantuan PKH digunakan sebagaimana mestinya, petugas kami akan terjun ke lapangan sekaligus untuk melakukan pendampingan," terangnya.

Sumber: Suara merdeka dot com

Di dukung KKI PK (kkipk.org)

Terpopuler

Terbaru

PENTINGNYA PENGENTASAN KEMISKINAN BAGI GENERASI MUDA

PENTINGNYA PENGENTASAN KEMISKINAN BAGI GENERASI MUDA

SAPA INDONESIA - DIBUTUHKAN kerja sama untuk memberdayakan...
PETANI INDONESIA MASIH HIDUP DALAM KEMISKINAN

PETANI INDONESIA MASIH HIDUP DALAM KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PENGAMAT Ekonomi Faisal Basri mengungkapkan...
TRANSFER KE DAERAH DAN PENGUCURAN DANA DESA CAPAI RP 448,64 TRILIUN

TRANSFER KE DAERAH DAN PENGUCURAN DANA DESA CAPAI RP 448,64 TRILIUN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan mencatat realisasi alokasi...
TATA KELOLA DATA KEMISKIAN PERLU DIPERBAIKI

TATA KELOLA DATA KEMISKIAN PERLU DIPERBAIKI

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH perlu memperbaiki tata kelola data...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook