Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

INDEKS KEDALAMAN KEMISKINAN RI MENINGKAT PADA 2017

kemiskinan-indekkedalamanmeningkat2017

SAPA INDONESIA - PERSENTASE penduduk miskin di Indonesia berkurang 0,58 persen pada September 2017 atau sebanyak 1,18 juta jiwa dalam setahun. Namun, indeks kedalaman kemiskinan sepanjang periode tersebut justru meningkat.

Data Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional mencatat, angka kemiskinan di perdesaan lebih tinggi dari perkotaan. Kemiskinan desa sebesar 13,47 persen atau 16,31 juta jiwa, sedangkan perkotaan 7,26 persen atau 10,27 juta jiwa.

Sementara itu, angka kemiskinan yang dicatat melalui indeks kedalaman kemiskinan atau poverty gap dan indeks keparahan kemiskinan atau poverty severity index justru meningkat selama periode tersebut pada 2017.

Pada September 2017, poverty gap sedikit meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kondisi itu menunjukkan rata-rata pengeluaran penduduk miskin cenderung menjauhi garis kemiskinan. Kaukus kemitraan independen untuk pencapaian kesejahteraan | kki pk

"Hal itu pula mengindikasikan bahwa biaya yang dibutuhkan untuk mengangkat orang keluar dari kemiskinan semakin besar," tutur laporan tersebut, Kamis 11 Januari 2018.

Kemudian, untuk poverty severity index pada September 2017 yang naik dibanding periode sama tahun lalu, mengindikasikan ketimpangan penduduk miskin semakin lebar, sehingga ketepatan sasaran program-program menjangkau penduduk miskin semakin diperlukan.

"Naiknya poverty gap maupun poverty severity index pada 2017 tersebut tercatat lebih tinggi di perdesaan ketimbang capaian di perkotaan," bunyi laporan tersebut.

Adapun penyebab kenaikan dua indeks tersebut antara lain, pada periode Agustus-November 2017 terjadi peningkatan inflasi padi dan umbi-umbian yang cukup tinggi dibandingkan inflasi umum.  Kaukus kemitraan independen untuk pencapaian kesejahteraan | kki pk

Selain itu, kenaikan indeks tersebut karena dampak penurunan daya beli penduduk termiskin. Termasuk kontribusi besar beras terhadap garis kemiskinan masih cukup besar baik di perkotaan maupun perdesaan.

Sumber: viva dot co dot id
Di dukung oleh KKI PK (kkipk.org)

Terpopuler

Terbaru

BAPPENAS PREDIKSI KEMISKINAN NTB DI ATAS 15 PERSEN

BAPPENAS PREDIKSI KEMISKINAN NTB DI ATAS 15 PERSEN

SAPA INDONESIA - BAPPENAS memprediksi angka kemiskinan di NTB...
CEGAH PENYIMPANGAN DANA DESA, PEMERINTAH ANGGARKAN UANG OPERASIONAL KADES

CEGAH PENYIMPANGAN DANA DESA, PEMERINTAH ANGGARKAN UANG OPERASIONAL KADES

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan,...
ANGKA KEMISKINAN TURUN, INDONESIA JADI TEMPAT BELAJAR 15 NEGARA

ANGKA KEMISKINAN TURUN, INDONESIA JADI TEMPAT BELAJAR 15 NEGARA

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo mengklaim bahwa angka...
PDB PERTANIAN NAIK RP 350 TRILIUN DI 2017 SELAMA 4 TAHUN

PDB PERTANIAN NAIK RP 350 TRILIUN DI 2017 SELAMA 4 TAHUN

SAPA INDONESIA - KINERJA Kementerian Pertanian di era Amran...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook