Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DATA ORANG MISKIN HARUS SELALU UPDATE

SAPA INDONESIA - SEJUMLAH program perlindungan sosial untuk masyarakat miskin digulirkan pemerintah. Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham menegaskan supaya data warga fakir miskin atau tidak mampu harus selalu dimutakhirkan atau di-update. Tujuannya menjamin penyaluran program-program tersebut tepat sasaran.

Idrus mengatakan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, negara harus memastikan masyarakat miskin atau tidak mampu mendapatkan berbagai program bantuan sosial.

Sehingga dalam kurun waktu tertentu mereka dapat berdaya dan mandiri. "Serta, berdampak pada penurunan angka kemiskinan," katanya usai mengikuti Rakornas Data Terpadu di Jakarta, kemarin (6/3).

Dengan basis data yang selalu dimutakhirkan, Idrus mengatakan, bisa dipastikan orang-orang yang berhak mendapatkan bantuan sosial masuk dalam data terpadu.

Dia tidak ingin pemerintah membiarkan orang-orang miskin yang seharusnya mendapatkan bantuan sosial malah terlewat. Hanya gara-gara datanya tidak masuk dalam basis data atau data terpadu Kemensos.

Untuk menjamin kemutakhiran data, Kemensos juga menjalankan verifikasi dan validasi data hasil pendataan Badan Pusat Statistik (BPS). Kemudian hasil dari verifikasi dan validasi itu ditetapkan sebagai basis data terpadu.

Basis data terpadu ini menjadi sumber data dalam menetapkan program penanggulangan kemiskinan.

Saat ini basis data terpadu Kemensos sudah diperbarui. Idrus mengatakan, teknologi yang digunakan saat ini bernama Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG) versi 2.0. Aplikasi sistem data ini mengintegrasikan pengelolaan data terpadu dengan data bantuan sosial (bansos).

Secara teknis pemutakhiran data terpadu dilakukan oleh Dinas Sosial kabupaten/ kota melalui aplikasi SIKS-NG versi 2.0. Kemudian, pemutakhiran data itu ditetapkan oleh Mensos di Mei dan November setiap tahunnya.

Aplikasi basis data itu mencakup komponen pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan penyampaikan data kesejahteraan sosial. "Kita diberi amanah untuk mengurus orang yang tidak mampu. Lakukan tugas ini dengan penuh keikhlasan dan ketulusan," jelas Idrus.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos, Harry Hikmat mengatakan, program bantuan sosial memang bisa meningkatkan kesejanteraan masyarakat. "Fungsi bansos jika terintegrasi itu lebih efektif mengurangi kemiskinan," katanya.

Sebab, benefit atau manfaat yang diterima masyarakat lebih banyak, dibandingkan jika bansos jalan sendiri-sendiri. Harry mencontohkan keberhasilan mengurangi penduduk miskin sampai 1,2 juta jiwa tahun lalu, tidak lepas juga dari integrasi pemberian bansos.

"Kita sukses mensinergikan penerima PKH harus terima rastra (beras sejahtera), subsidi listrik, dan subsisi elpiji tiga kg," pungkasnya.

Laporan BPS Januari 2018 lalu menyebutkan, angka penduduk miskin di Indonesia menurup. Data per September 2017 menyebutkan jumlah penduduk miskin di Indonesia ada 26,59 juta jiwa. Angka itu mengalami penurunan sebesar 1,19 juta jiwa dipandingkan periode yang sama di 2016.

Sumber: padangekspres dot co dot id
Di dukung oleh KKIPK (www.kkipk.org)

Terpopuler

Terbaru

KEMDES GANDENG LSM DAN KORPORASI ATASI STUNTING DI DAERAH TERTINGGAL

KEMDES GANDENG LSM DAN KORPORASI ATASI STUNTING DI DAERAH TERTINGGAL

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
MEMBERI BANTUAN BUKAN LANGKAH TEPAT DALAM PROGRAM PENGENTASAN KEMISKINAN

MEMBERI BANTUAN BUKAN LANGKAH TEPAT DALAM PROGRAM PENGENTASAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - UPAYA pemberdayaan, atau dengan memberi pekerjaan...
LAMONGAN: MENGGALI SEMUA POTENSI EKONOMI DESA

LAMONGAN: MENGGALI SEMUA POTENSI EKONOMI DESA

SAPA INDONESIA - ADA replika buah semangka di gerbang masuk...
PEKALONGAN: PENURUNAN KEMISKINAN BELUM OPTIMAL

PEKALONGAN: PENURUNAN KEMISKINAN BELUM OPTIMAL

SAPA INDONESIA - DPRD Kabupaten Pekalongan menilai kinerja...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook