Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

NOMINAL BANTUAN DIUSULKAN NAIK DARI RP 1,89 JUTA

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH berencana menaikkan dana Program Keluarga Harapan dari nilai sekarang Rp 1,89 juta per keluarga. Penambahan dana program ini diarahkan untuk kegiatan produktif masyarakat.

Cara ini menjadi salah satu instrumen untuk menurunkan angka kemiskinan hingga 8 persen. Penegasan ini disampaikan Presiden Joko Widodo di depan ribuan warga yang memadati Gedung Olahraga Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur. "Untuk nilai dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahun depan saya pastikan naik," kata Presiden, Kamis (8/3).

Presiden yakin, penambahan alokasi dana PKH dapat membantu menurunkan angka kemiskinan. Presiden menyebut, tahun lalu program PKH dibagikan kepada 6 juta keluarga, tahun ini 10 juta keluarga, sedangkan tahun depan kemungkinan 15 juta keluarga.

Mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS) per September 2017, jumlah penduduk miskin mencapai 26,58 juta orang (10,12 persen). Sasaran program ini, kata Presiden, fokus ke arah itu.

Meski menjanjikan naik, Presiden belum dapat menyampaikan nilainya. Sebab, nilai yang diajukan pemerintah itu, belum mendapat persetujuan DPR. Sebagai gambaran awal, nilai kenaikan dapat meningkat dua kali lipat dari nilai saat ini.

Bantuan pangan

Sementara untuk bantuan sosial pangan beras sejahtera di Jatim, ada 2,8 juta keluarga. Sebanyak 85.586 keluarga di antaranya berada di Gresik. Menteri Sosial Idrus Marham menyebutkan, beras sejahtera tahun ini berbeda dengan 2017.

Dulu penerima harus datang ke desa atau kelurahan dan harus menebus Rp 1.600 per kilogram. Kini tak ada lagi uang tebus. Mulai Januari-Maret 2018 tanpa bayar.

"Kalau jumlah yang diterima tidak sesuai 10 kg per bulan, tidak standar kualitas medium bisa dikembalikan ke Bulog," katanya.

Selain Idrus Marham dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, turut mendampingi Presiden di acara itu Gubernur Jatim Soekarwo, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Sumber: Kompas dot com
Di dukung oleh KKIPK (www.kkipk.org)

Terpopuler

Terbaru

ANGKA PENGANGGURAN TINGGI, BPPI LATIH BUDIDAYA IKAN

ANGKA PENGANGGURAN TINGGI, BPPI LATIH BUDIDAYA IKAN

SAPA INDONESIA - TINGGINYA grafik angka pengangguran di DIY...
BPS: ANGKA KEMISKINAN KARANGANYAR TURUN MENJADI 12,28 PERSEN

BPS: ANGKA KEMISKINAN KARANGANYAR TURUN MENJADI 12,28 PERSEN

SAPA INDONESIA - MENYAMBUT peringatan Hari Statistik Nasional...
PEMINAT MINIM, DANA JAMKESDA WONOGIRI DIKURANGI RP5,3 MILIAR

PEMINAT MINIM, DANA JAMKESDA WONOGIRI DIKURANGI RP5,3 MILIAR

SAPA INDONESIA - ANGGARAN Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda)...
DANA DESA DINILAI BERHASIL MENEKAN URBANISASI

DANA DESA DINILAI BERHASIL MENEKAN URBANISASI

SAPA INDONESIA - PENYALURAN dana desa sejak digulirkan pada...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook