Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BPS SUKOHARJO KLAIM JUMLAH WARGA MISKIN BERKURANG 2.220 JIWA

SAPA INDONESIA - JUMLAH warga miskin di Sukoharjo berkurang 2.220 jiwa atau sekitar 0,22% pada 2017. Jumlah warga miskin pada 2017 sebanyak 78.910 jiwa atau sekitar 9,07% berkurang menjadi 76.690 jiwa atau sekitar 8,75%.

Data angka kemiskinan itu berdasar hasil survei sosial ekonomi nasional (Susenas) Badan Pusat Stastistik (BPS) Sukoharjo.

Kegiatan survei dilakukan dengan mengumpulkan informasi atau data di bidang kependudukan, kesehatan, pendidikan, keluarga berencana, perumahan, serta konsumsi dan pengeluaran. Survei itu dilakukan dua kali dalam setahun di 12 kecamatan se-Sukoharjo.

Kepala Seksi (Kasi) Statistik Sosial BPS Sukoharjo, Suharto, mengatakan berkurangnya angka kemiskinan di Sukoharjo dipengaruhi meningkatnya penghasilan yang diterima warga miskin.

Tak sedikit status warga kategori miskin berubah lantaran kesejahteraan mereka meningkat.
"Faktor paling mendasar yang memengaruhi berkurangnya angka kemiskinan adalah kesejahteraan warga miskin meningkat secara perlahan-lahan. Hal ini berimplikasi pada status ekonomi mereka berubah," kata dia, Jumat (9/3/2018).

Menurut Suharto, kriteria warga kategori miskin tak hanya ditentukan dari penghasilan setiap bulan melainkan beberapa kriteria penunjang. Misalnya, kondisi rumah atau tempat, pendidikan, kesehatan hingga jumlah anggota keluarga.

Dengan demikian, data angka kemiskinan yang dikumpulkan dan diolah benar-benar valid dan akurat. Di samping itu, petugas disebar ke sejumlah desa untuk menyurvei ke rumah penduduk.

"Di setiap desa ada satu-dua blok. Satu blok terdiri dari 10 rumah penduduk yang didatangi petugas. Mereka menyurvei berdasarkan kondisi sosial ekonomi dan latar belakang pendidikan," ujar dia.

Angka kemiskinan di Sukoharjo paling rendah dibanding daerah lain se-Soloraya. Rata-rata persentase angka kemiskinan di wilayah Soloraya di atas 10%.

Misalnya, angka kemiskinan di Kabupaten Karanganyar sekitar 12,28% dan Kota Solo sekitar 10,65%. Hal ini menjadi catatan positif program penanggulan kemiskinan yang dilakukan Pemkab Sukoharjo.

Biasanya, lanjut Suharto, data Susenas menjadi acuan utama perencanaan pelaksanaan berbagai program daerah terutama penanggulangan kemiskinan di setiap daerah.

"Di Jateng, angka kemiskinan terendah di Kabupaten Kudus dengan persentase sekitar 7,59%.

Di wilayah Soloraya paling rendah [angka kemiskinan] di Sukoharjo," imbuhnya.
Sementara itu, seorang warga Desa Gentan, Kecamatan Bendosari, Ahmad, mengapresiasi berkurangnya jumlah warga miskin di Kabupaten Jamu.

Ahmad berharap pemerintah menggenjot berbagai program kegiatan yang bertujuan menanggulangi kemiskinan. Salah satunya program Keluarga Berencana (KB) yang perlu kembali digalakkan di kalangan masyarakat.

Sumber: Solopos dot com
Di dukung oleh KKIPK (www.kkipk.org)

Terpopuler

Terbaru

KURANGI KEMISKINAN & PENGANGGURAN, DISNAKERTRANS KP GELAR JOB FAIR

KURANGI KEMISKINAN & PENGANGGURAN, DISNAKERTRANS KP GELAR JOB FAIR

SAPA INDONESIA - DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...
BAPPENAS LUNCURKAN INDEKS PEMBANGUNAN PEMUDA

BAPPENAS LUNCURKAN INDEKS PEMBANGUNAN PEMUDA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan...
KEMENDIKBUD BISA GUNAKAN VERIFIKASI DATA KEMISKINAN 2018

KEMENDIKBUD BISA GUNAKAN VERIFIKASI DATA KEMISKINAN 2018

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan dapat...
DANA DESA BISA HINDARKAN PETANI DARI PENDAPATAN HARAM

DANA DESA BISA HINDARKAN PETANI DARI PENDAPATAN HARAM

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook