Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PROGRAM PKH BERKONTRIBUSI TURUNKAN ANGKA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - DIRJEN Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat menyatakan bahwa program keluarga harapan (PKH) terbukti menurunkan angka kemiskinan.

Menurut dia, pencapaian tersebut didukung data yang bisa dipertanggungjawabkan. Dia merujuk pada perhitungan BPS bahwa terjadi pengurangan hingga 1,2 juta orang pada Maret-September 2017.

"Angka ini merupakan penurunan terbesar dalam dua dekade terakhir," tandasnya di sela-sela kegiatan pembekalan 742 pendamping PKH di Bandung, kemarin.

Dijelaskan, berdasarkan pencapaian tersebut tak bisa dilepaskan dari program PKH yang dianggap BPS memberikan andil besar. Di antaranya karena banyaknya keluarga penerima manfaat (PKH) yang naik kelas.

Kondisi tersebut, imbuhnya, tak terlepas pula dari kontribusi tenaga pendamping PKH. Karena itu, pihaknya berupaya menjaga kualitas mereka termasuk dalam memberikan pembekalan.

Terlebih dengan kebutuhan tenaga pendamping yang semakin besar menyusul kenaikan target PKH dari 6 juta ke 10 juta keluarga penerima manfaat. Dari semula 23 ribu tenaga pendamping membengkak menjadi 40 ribu karena adanya tambahan 16 ribu tenaga baru.

Salah satu tugas yang perlu menjadi atensi tenaga pendamping adalah kemampuan mereka dalam memberikan informasi. Diharapkan, mereka melakukannya berdasar data benar yang dikuasai.

"Jangan memprovokasi, ketika menjadi tenaga pendamping menjadi tugas mereka memberikan informasi yang benar sekaligus untuk menangkal hoax, harus jadi motivator," katanya.

Untuk mempertahankan tren positif terhadap penurunan angka kemiskinan, Harry Hikmat menyatakan bahwa pihaknya bakal mengintegrasikan semua program bansos bersama PKH di antaranya rastra, KIP, subsidi elpiji dan listrik. "Efeknya bakal lebih signifikan," katanya.

Sumber: Suara Merdeka dot com

Terpopuler

Terbaru

PENGELOLAAN SDA MEMBUTUHKAN PERAN PEREMPUAN

PENGELOLAAN SDA MEMBUTUHKAN PERAN PEREMPUAN

SAPA INDONESIA - DEMIKIANLAH benang merah penuturan pengalaman...
MENDES OPTIMISTIS ENTASKAN 15 RIBU DESA TERTINGGAL

MENDES OPTIMISTIS ENTASKAN 15 RIBU DESA TERTINGGAL

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,...
KEMENDES PDTT: DANA DESA PROGRAM NAWACITA DIRASAKAN LANGSUNG MASYARAKAT

KEMENDES PDTT: DANA DESA PROGRAM NAWACITA DIRASAKAN LANGSUNG MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - PEMANFAATAN Dana Desa yang bergulir sejak...
SRI MULYANI: KEUANGAN ISLAM SOLUSI EFEKTIF KURANGI KEMISKINAN

SRI MULYANI: KEUANGAN ISLAM SOLUSI EFEKTIF KURANGI KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - MENTERI Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook