Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KEMISKINAN DAN PENDIDIKAN JADI FAKTOR YANG MEMICU KASUS PERDAGANGAN ORANG

SAPA INDONESIA - KORBAN perdagangan orang (human trafficking) di Indonesia yang sebagian besar adalah perempuan masih kerap terjadi setiap tahunnya.

Di NTT misalnya, dalam kurun waktu Januari hingga Februari 2018, sudah 13 orang dari daerah tersebut yang menjadi korban tindak kejahatan tersebut. Menurut mantan anggota DPRD NTT, Emilia Julia, setidaknya ada sejumlah masalah penyebab hal itu kerap terjadi.

"Masalah pertama kemiskinan. Permasalahan ini perempuanlah yang langsung merasakannya. Solusinya menguatkan kesejahteraan yang berawal dari dalam rumah, karena perempuan sejahtera keluarga pun sejahtera," katanya dalam sebuah diskusi tentang perempuan di Jakarta, Kamis (10/5/2018).

Kedua, katanya, masalah pendidikan yang didapatkan seorang perempuan di beberapa daerah, termasuk NTT, misalnya, berbeda dengan laki-laki.

"Perbedaan akses pendidikan ini membuat perempuan tidak mempunyai kemampuan, kapasitas dan skill yang bagus ketika memasuki dunia kerja. Akibatnya, mereka terjebak human trafficking dengan diiming-imingi gaji besar di luar negeri," katanya.

"Kita harus menyadarkan keluarga pentingnya pendidikan bagi perempuan. Bapak-bapak yang hanya dikaruniai anak perempuan harus jaga dan berikan mereka pendidikan yang layak karena suatu saat mereka ke depannya berguna bagi keluarga dan orang banyak," ujarnya.

Selain itu, ia juga menyoroti masalah pengangguran yang banyak terjadi di desa-desa. "Banyaknya pengangguran ini disebabkan tidak adanya lowongan pekerjaan di desa-desa yang membuat perempuan dan laki-laki harus pindah ke kota."

Sumber: Tribunnews dot com

Terpopuler

Terbaru

PENGELOLAAN SDA MEMBUTUHKAN PERAN PEREMPUAN

PENGELOLAAN SDA MEMBUTUHKAN PERAN PEREMPUAN

SAPA INDONESIA - DEMIKIANLAH benang merah penuturan pengalaman...
MENDES OPTIMISTIS ENTASKAN 15 RIBU DESA TERTINGGAL

MENDES OPTIMISTIS ENTASKAN 15 RIBU DESA TERTINGGAL

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,...
KEMENDES PDTT: DANA DESA PROGRAM NAWACITA DIRASAKAN LANGSUNG MASYARAKAT

KEMENDES PDTT: DANA DESA PROGRAM NAWACITA DIRASAKAN LANGSUNG MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - PEMANFAATAN Dana Desa yang bergulir sejak...
SRI MULYANI: KEUANGAN ISLAM SOLUSI EFEKTIF KURANGI KEMISKINAN

SRI MULYANI: KEUANGAN ISLAM SOLUSI EFEKTIF KURANGI KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - MENTERI Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook