Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KEMENSOS: PROGRAM SLRT PERCEPAT PENGENTASAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - STAF Khusus Menteri Bidang Kelembagaan Kementerian Sosial Suseko Zuhri Ernada menerangkan bahwa program Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) dapat menjadi program akselerasi pengentasan kemiskinan.

"Jadi ini (SLRT, Red) adalah salah satu bentuk layanan satu pintu. Dengan adanya SLRT ini memberikan layanan kepada masyarakat, jadi masyarakat tidak perlu diping-pong dalam mengajukan keluhan atau permasalahan.

Mereka akan mendapatkan all in one. Dengan begitu akselerasi pengentasan kemiskinan terjadi," ujar Suseko dalam Konferensi Internasional bertajuk Improving the Single Window Service System for Social Protection and Poverty Reduction in the OIC Countries di Fakultas Kedokteran Universitas Jember, Kamis (10/5/2018).

Konferensi tersebut digelar Committee for Economic and Commercial Cooperation (COMTEC) bersama Kementerian Sosial (Kemensos) dan FISIP Universitas Jember, mulai hari ini hingga Jumat (11/5/2018).

Sementara itu, Abdurrahman Syebubakar, salah satu anggota Sekretariat Nasional SLRT menuturkan bahwa SLRT adalah sebuah sistem yang mengidentifikasi pengaduan warga.

Pengaduan tersebut, lanjutnya, akan disambung atau disalurkan kepada program yang ada di daerah. Layanan daerah yang dimaksud dapat berupa layanan yang disediakan langsung oleh pemerintah daerah ataupun layanan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat.

"Program ini menghubungkan keluhan dengan layanan di tingkat daerah bahkan di tingkat desa dan kelurahan," kata Abdurrahman.

Dia mengungkapkan dalam kurun waktu 2 tahun sekitar lebih dari 700 ribu keluhan yang terdaftar di Sekretariat SLRT tingkat kabupaten/kota hingga desa, yang tersebar dalam 22 provinsi.

"Sekitar 80 persen aduan terkait kesehatan, 50 persen diselesaikan melalui program yang berada di tingkat daerah. Dalam hal tersebut terjadi desentralisasi penyelesaian masalah di daerah," paparnya.

Sumber: timesindonesia dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

PENGELOLAAN SDA MEMBUTUHKAN PERAN PEREMPUAN

PENGELOLAAN SDA MEMBUTUHKAN PERAN PEREMPUAN

SAPA INDONESIA - DEMIKIANLAH benang merah penuturan pengalaman...
MENDES OPTIMISTIS ENTASKAN 15 RIBU DESA TERTINGGAL

MENDES OPTIMISTIS ENTASKAN 15 RIBU DESA TERTINGGAL

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,...
KEMENDES PDTT: DANA DESA PROGRAM NAWACITA DIRASAKAN LANGSUNG MASYARAKAT

KEMENDES PDTT: DANA DESA PROGRAM NAWACITA DIRASAKAN LANGSUNG MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - PEMANFAATAN Dana Desa yang bergulir sejak...
SRI MULYANI: KEUANGAN ISLAM SOLUSI EFEKTIF KURANGI KEMISKINAN

SRI MULYANI: KEUANGAN ISLAM SOLUSI EFEKTIF KURANGI KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - MENTERI Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook