Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMERINTAH UBAH PENYALURAN PKH DEMI KEJAR TARGET KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN SOSIAL akan merubah skema penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) agar angka kemiskinan bisa di tekan ke bawah 10 persen.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat mengatakan bahwa perubahan skema akan dilakukan dengan mengkombinasikan penyaluran PKH dengan Bantuan Pangan Nontunai (BPNT).

Ada tiga skema kombinasi yang saat ini sedang digodog Kementerian Sosial. Pertama, PKH diberikan kepada 10 juta dan BPNT diberikan kepada 15,6 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Kedua, PKH diberikan kepada 14 juta beserta BPNT diberikan kepada 15,6 juta KPM. Skemaketiga, PKH diberikan kepada 15,6 juta dan BPNT kepada 15,6 juta KPM.

Harry memproyeksikan kombinasi BPNT dan PKH dengan skema pertama bisa menurunkan kemiskinan sampai 1,86 persen. Sementara itu jika skema kedua dan ketiga digunakan, angka kemiskinan bisa turun 1,91 persen.

"Itu dengan asumsi tepat sasaran," katanya, Rabu (6/6).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada September 2017, jumlah penduduk miskin di Indonesia masih mencapai 26,58 juta jiwa atau masih 10,12 persen.

Untuk menurunkan angka kemiskinan tersebut, pemerintah menggelontorkan banyak bentuk bantuan sosial ke masyarakat kurang mampu, seperti pangan, program keluarga harapan, pendidikan dan kesehatan.

Untuk bantuan keluarga harapan yang berbentuk PKH, saat ini sudah menjangkau 10 juta KPM. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan 2017 yang hanya enam juta KPM.

Sumber: CnnIndonesia dot com

Terpopuler

Terbaru

PENTINGNYA PENGENTASAN KEMISKINAN BAGI GENERASI MUDA

PENTINGNYA PENGENTASAN KEMISKINAN BAGI GENERASI MUDA

SAPA INDONESIA - DIBUTUHKAN kerja sama untuk memberdayakan...
PETANI INDONESIA MASIH HIDUP DALAM KEMISKINAN

PETANI INDONESIA MASIH HIDUP DALAM KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PENGAMAT Ekonomi Faisal Basri mengungkapkan...
TRANSFER KE DAERAH DAN PENGUCURAN DANA DESA CAPAI RP 448,64 TRILIUN

TRANSFER KE DAERAH DAN PENGUCURAN DANA DESA CAPAI RP 448,64 TRILIUN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan mencatat realisasi alokasi...
TATA KELOLA DATA KEMISKIAN PERLU DIPERBAIKI

TATA KELOLA DATA KEMISKIAN PERLU DIPERBAIKI

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH perlu memperbaiki tata kelola data...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook