Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

MENKO KESRA: DEMI MAJUNYA PNPM MANDIRI HINDARI KORUPSI

kemiskinan-pemiskinan-forumupk

SAPA - Pada tahun ke-7 pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di tahun 2013 ini dan dalam rentang waktu tersebut, telah banyak capaian yang telah dibangun PNPM Mandiri.

Kelembagaan tersebut terbukti membantu mencapai keberdayaan dan kemandirian masyarakat dan membuahkan hasilnya yaittu menciptakan lulusan PNPM mandiri untuk melakukan channeling dengan lembaga formal perbankan.

Demikian antara lain dikemukakan Menko Kesra, Agung Laksono ketika membuka Seminar Forum Komunikasi Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM Mandiri Perdesaan di Solo Jawa Tengah, Jumat (1/3/2013)

"Capaian itu diantaranya seperti meningkatnya partisipasi perempuan sebesar 48% dan partisipasi orang miskin sebesar 60%. Ini membanggakan" kata Agung Laksono dalam sambutannya.

Meski keberhasilan dan capaian cukup membanggakan, namun menurut Menko Kesra, ada beberapa catatan yang menjadi perhatian bersama untuk kelanjutan PNPM mandiri, yaitu aset dana bergulir,masyarakat penerima manfaat beserta kelembagaan yang telah terbentuk dan para fasilitator .

"Melalui forum ini saya berharap dapat menghasilkan langkah langkah kongkrit yang menjadi kesepakatan bersama,untuk kelanjutan PNMP mandiri," ujar Menko Kesra.

Menko Kesra, Agung Laksono menambahkan, ada 5 langkah yang perlu dilakukan demi kemajuan PNPM mandiri pertama lembaga UPK/BKM tetap dipertahankan menjadi lembaga pemberdayaan masyarakat miskin,kedua UPK/BKM tidak diperkenankan menjadi Lembaga keuangan Mikro, ketiga UPK/BKN terus diaktifkan mencari dan mengajak serta pemberdayaan masyarakat miskin untuk diberdayakan di wilayahnya, UPK/BKM memelihara dan menjaga proses pemberdayaan serta kelima UPK/BKM bermitra dan bekerjasama dengan baik dan harmonis dengan pemerintahan desa dan kelurahan selaku jenjang pemerintahan yang paling bawah.

"Dari semua itu yang penting hindari korupsi, agar pelaksanaan PNMP dan program-programnya bermanfaat bagi masyarakat," tutup Menko mengakhiri sambutannya.

 

rri dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook