Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMINAT MINIM, DANA JAMKESDA WONOGIRI DIKURANGI RP5,3 MILIAR

SAPA INDONESIA - ANGGARAN Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Wonogiri 2018 dipangkas Rp5,375 miliar dari semula Rp12 miliar menjadi hanya Rp6,625 miliar pada APBD Perubahan 2018.

Hal itu karena serapan Jamkesda minim mengingat pemanfaat program tersebut belum banyak. Anggaran senilai Rp6,625 miliar dinilai sudah cukup untuk membiayai program itu hingga akhir tahun.

DPRD Wonogiri menyetujui Rancangan APBD Perubahan 2018 menjadi APBD Perubahan 2018 melalui Rapat Paripurna di Ruang Graha Paripurna Kantor DPRD, Rabu (19/9/2018).

Data yang dihimpun dari salinan laporan Badan Anggaran (Banggar) DPRD yang membahas RAPBD Perubahan, selain pengurangan anggaran Jamkesda, terdapat pengurangan target penerimaan retribusi pelayanan kesehatan senilai Rp1,354 miliar.

Semula target penerimaan Rp7,676 miliar turun menjadi Rp6,322 miliar. Di sisi lain terdapat penambahan anggaran untuk alokasi proyek pembangunan/peningkatan jalan dan jembatan senilai Rp3,318 miliar.

Pada APBD penetapan tercatat Rp102,612 miliar kini menjadi Rp105,930 miliar. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri, Adhi Dharma, saat ditemui di Kantor DPRD Wonogiri, Rabu, mengatakan anggaran Jamkesda dikurangi karena alokasi program senilai Rp12 miliar diprediksi akan berlebih.

Serapan selama delapan bulan program bergulir minim. Dia mencatat hingga Agustus lalu anggaran Jamkesda terserap lebih kurang Rp1,6 miliar atau 14 persen dari total anggaran.

Sebesar 95 persen program dimanfaatkan pasien yang dirawat di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso. Selebihnya dimanfaatkan pengguna layanan puskesmas.

Menurut dia, serapan minim karena pemanfaat belum banyak mengingat Jamkesda baru tahun ini dilaksanakan. Jamkesda merupakan program layanan kesehatan gratis bagi warga.

Anggaran Jamkesda untuk mengaver biaya perawatan pasien rawat jalan maupun rawat inap di 34 puskesmas dan rawat inap kelas III RSUD yang belum menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) atau asuransi kesehatan lain.

Berapa pun biaya pelayanannya ditanggung Pemkab. Warga yang bisa memanfaatkan program ditetapkan melalui Keputusan Bupati.

"Pada awal program, pengguna sangat minim. Bahkan tak sedikit warga nonpeserta JKN yang tak terkaver Jamkesda karena mereka belum masuk kuota yang ditetapkan berdasar Keputusan Bupati.

Oleh karena itu sekarang kuota ditambah menjadi 140.837 orang dari semula 25.700 orang. Mulai September ini warga yang memanfaatkan mulai meningkat," kata Adhi.

Terkait pengurangan target penerimaan retribusi pelayanan kesehatan, dia menjelaskan target dikurangi karena mulai 1 Oktober mendatang warga nonpeserta JKN yang akan memeriksakan diri ke puskesmas dibebaskan dari retribusi. Retribusi yang dibebaskan itu seperti layanan pemeriksaan laboratorium, dokumen rekam medik, dan sebagainya.

Terpisah, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri, Prihadi Ariyanto, mengatakan anggaran peningkatan jalan ditambah untuk melanjutkan proyek di tiga ruas jalan yang sebelumnya sudah digelar. Sebelumnya anggaran kurang sehingga proyek dikerjakan sesuai dana yang ada.

"Anggaran APBD penetapan senilai Rp102,612 miliar untuk merealisasikan proyek jalan sepanjang lebih dari 100 km," ulas dia.

Ketua DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno, menilai komposisi APBD Perubahan sudah ideal karena program yang dilaksanakan sesuai RPJMD. DPRD akan mendukung penuh program Pemkab selama tidak melenceng dari RPJMD. Ihwal adanya perubahan anggaran yang terjadi, dia menilai hal itu bagian dari dinamika kegiatan.

Sumber: Solopos dot com

Terpopuler

Terbaru

KLAIM KEMISKINAN TURUN, KPM PKH BERTAMBAH

KLAIM KEMISKINAN TURUN, KPM PKH BERTAMBAH

SAPA INDONESIA - MENTERI Sosial (Mensos), Agus Gumiwang Kartasasmita...
KEMISKINAN DI KABUPATEN PATI TAHUN 2018 MENURUN

KEMISKINAN DI KABUPATEN PATI TAHUN 2018 MENURUN

SAPA INDONESIA - BADAN Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati...
JALIN MATRA SUKSES TEKAN ANGKA KEMISKINAN

JALIN MATRA SUKSES TEKAN ANGKA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - JALAN Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat (Jalin...
PEMKAB BANTUL: TAHUN INI GAGAL CAPAI TARGET PENURUNAN ANGKA KEMISKINAN

PEMKAB BANTUL: TAHUN INI GAGAL CAPAI TARGET PENURUNAN ANGKA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PEMKAB Bantul gagal mencapai target penurunan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook