Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

REKONSILIASI ONLINE TEKAN PENYIMPANGAN BANSOS KOTA BANDUNG

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Sosial akan menerapkan sistem rekonsiliasi online untuk memastikan keakuratan penyaluran bantuan sosial program Keluarga Harapan (PKH).

Penggunaan teknologi keuangan ini diharapkan mampu mengurangi penyimpangan penyaluran bantuan sosial.

Terkait penerapan sisten rekonsiliasi online, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat mengungkapkan, pihaknya mendapat bantuan teknis dari Kementerian Keuangan.

"Dari Direktorat Perbendaharaan Kemenkeu sudah memberi bantuan teknis secara intensif kurang lebih tiga buan terakhir agar sistem tidak semata-mata manual,'' kata Harry saat menghadiri Rekonsiliasi Data Penyaluran Bansos Nontunai Program Keluarga Harapan tingkat Nasional 2018 di Hotel Papandayan, Bandung, Senin (1/10).

Dia menjelaskan, dengan sistem ini, pihaknya bisa memastikan dana dari KPPN sudah disalurkan ke rekening himpunan bank milik negara (Himbara). "Kami juga ingin memastikan dari Himbara betul-betul disalurkan ke para penerima bansos PKH,''katanya.

Kemensos juga bisa melihat alur penyaluran PKH dari tingkat keluarga, agen, outlet, dan ATM.
''Data dikompilasi di kantor cabang sampai tingkat Himbara dan akhirnya di pusat,'' katanya.

Dia menjelaskan, berdasar pengalaman, penggunaan rekonsiliasi secara manual tidak mudah untuk melacak penyaluran yang dilakukan, terutama jika terjadi perbedaan.

Tidak Mudah

"Misalkan di tingkat cabang kalau ketemu selisih antara yang diterima bantuan sampai ke KPM, tidak mudah dideteksi siapa belum nerima, siapa belum transaksi," katanya.

Dengan sistem terkoneksi, setiap transaksi penerima bansos melalui rekening tabungan di kartu keluarga sejahtera (KKS) akan terpantau.

Lebih lanjut dia katakan, mulai tahun depan penyaluran bantuan sosial PKH akan diberikan bervariasi. Saat ini, bantuan diberikan secara merata, yakni Rp 1,89 juta/tahun untuk setiap keluarga penerima, kecuali lansia dan disabilitas Rp 2 Juta/tahun. Untuk PKH dengan ibu hamil, dan balita akan mendapat Rp 2,4 juta/tahun.

PKH anak sekolah bantuan bervariasi, yakni SD Rp 900 ribu, SMPRp 1,5 juta, dan SMARp 2 juta. ''PKH yang tinggal bersama lansia Rp 2,4 juta.

Dengan disabilitas berat juga sama, Rp 2,4 juta,'' katanya. Secara keseluruhan, anggaran untuk PKH 2019 Rp 32,5 trilyun untuk 10 juta keluarga penerima.

Sumber: Suara Merdeka Hal 2, 2 oktober 2018

Terpopuler

Terbaru

BAPPENAS PREDIKSI KEMISKINAN NTB DI ATAS 15 PERSEN

BAPPENAS PREDIKSI KEMISKINAN NTB DI ATAS 15 PERSEN

SAPA INDONESIA - BAPPENAS memprediksi angka kemiskinan di NTB...
CEGAH PENYIMPANGAN DANA DESA, PEMERINTAH ANGGARKAN UANG OPERASIONAL KADES

CEGAH PENYIMPANGAN DANA DESA, PEMERINTAH ANGGARKAN UANG OPERASIONAL KADES

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan,...
ANGKA KEMISKINAN TURUN, INDONESIA JADI TEMPAT BELAJAR 15 NEGARA

ANGKA KEMISKINAN TURUN, INDONESIA JADI TEMPAT BELAJAR 15 NEGARA

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo mengklaim bahwa angka...
PDB PERTANIAN NAIK RP 350 TRILIUN DI 2017 SELAMA 4 TAHUN

PDB PERTANIAN NAIK RP 350 TRILIUN DI 2017 SELAMA 4 TAHUN

SAPA INDONESIA - KINERJA Kementerian Pertanian di era Amran...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook