Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

JAKARTA JADI PROYEK PERCONTOHAN BPJS

kemiskinan-pemiskinan-jamkesmas8

SAPA - Jakarta akan dijadikan sebagai proyek percontohan pelaksanaan BPJS di seluruh Indonesia. Sebab, pemerintah pusat merencanakan memberikan asuransi kesehatan kepada seluruh warga Indonesia dengan PT Askes (Persero) sebagai pengelola.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Askes telah menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tentang pelaksanaan Kartu Jakarta Sehat (KJS) atau Jamkesda DKI.

"Kartu ini merupakan bagian dari pelaksanaan jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) yang dikelola PT Askes sebagai Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS). Sasarannya adalah masyarakat DKI Jakarta yang miskin, hampir miskin dan masyarakat DKI lainnya yang mau menggunakan Puskesmas dan fasilitas rawat inap di kelas III," ujar Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama melalui laporan tertulisnya kepada Okezone, Sabtu (2/3/2013).

Senada dengan Ahok, Dirjen Bina Upaya Kesehatan Pemprov DKI Akmal Teher mengemukakan bahwa implementasi BPJS bukan hanya tanggung jawab Askes yang kedepan akan menjadi BPJS Kesehatan. Tapi seluruh stakeholder, termasuk masyarakat.

"Ini adalah sebuah momentum, dengan implementasi BPJS secara bertahap perubahan dan perbaikan sistem pelayanan kesehatan di Indonesia akan semakin baik lagi. Baik pemerintah, rumah sakit, pelaku kesehatan, pendidikan, dan masyarakat harus siap dengan revolusi ini," terangnya Akmal.

Direktur Utama Askes Fachmi Idris juga turut menyambut baik apa yang dilakukan oleh Pemprov DKI. Peran aktif DKI dalam mendukung pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional khususnya untuk Jaminan Kesehatan patut diapresiasi dan ditiru oleh provinsi lain.

"Ini menjadi angin segar, menjadi semangat kami sebagai BPJS Kesehatan. Jika Pemprov mendukung tentu kami akan lebih mudah menjalankan amanat besar ini. Pelaksanaan KJS ini akan memberikan pembelajaran yang sangat berharga untuk persiapan pelaksanaan BPJS Kesehatan mulai 1 Januari 2014," tutur Fachmi.

Jumlah sasaran peserta dalam program ini adalah 4,7 juta jiwa yang terdiri dari 1.2 juta jiwa peserta Jamkesmas dan sisanya sebanyak 3,5 juta jiwa penduduk DKI Jakarta lainnya. Dengan perhitungan premi per member per mounth (PMPM) Rp23 ribu, sehingga total anggaran sebesar Rp1,2 triliun.

 

economy dot okezone dot com

Terpopuler

Terbaru

PERLU PEMETAAN UNTUK MAKSIMALKAN PEMBANGUNAN DI TIAP DESA

PERLU PEMETAAN UNTUK MAKSIMALKAN PEMBANGUNAN DI TIAP DESA

SAPA INDONESIA - KABUPATEN Purworejo yang terdiri dari 16 Kecamatan...
NTT BELUM SATU DATA TENTANG KEMISKINAN

NTT BELUM SATU DATA TENTANG KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - KETUA Fraksi Partai Demokrat DPRD Nusa Tenggara...
MENSOS KHOFIFAH SEBUT KEMISKINAN PEDESAAN DI JAWA TIMUR AKUT

MENSOS KHOFIFAH SEBUT KEMISKINAN PEDESAAN DI JAWA TIMUR AKUT

SAPA INDONESIA - MENTERI Sosial Khofifah Indar Parawansa menyebut...
AHER USUL 20 PERSEN DANA DESA UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

AHER USUL 20 PERSEN DANA DESA UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - SEBESAR 15 sampai 20 persen dari jumlah keseluruhan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook