Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BAPPENAS BERHARAP TREN INFLASI TIDAK PICU KEMISKINAN

 kemiskinan-pemiskinan-armida

SAPA - Menteri Bappenas/PPN Armida Alisjahbana berharap inflasi bulan Februari yang mencapai 0,75% tidak sampai mengakibatkan jumlah kemiskinan bertambah. Hal tersebut yang tidak diharapkan oleh Menteri Bappenas/PPN, Armida Alisjahbana mengenai dampak inflasi bulan Febaruari yang cenderung tinggi. "Jadi inflasi ini bagaimana (bisa) stabil dan bagaimana pada level cukup rendahlah. Memang inflasi akibat yang terdongkrak volaitele food (bahan makanan). Ini dampaknya sangat (terasa) terhadap kemiskinan. Jadi itu memang penting sekali di lintas makro, harga dan inflasi," ujarnya di kantornya Jakarta, Senin (4/3/2013).

Dengan adanya kecenderungan inflasi ini, pihaknya siap terlibat menanggulangi kemiskinan. Sebab masalah itu adalah tugas penting kementeriannya.

"Oh ya, kita nggak ingin kemiskinan berlanjut. Kita ingin ini bisa ditangani, karena kita juga ada target-target termasuk kemiskinan. Mengingat stabilitas makro, harga dan inflasi itu penting guna menekan kemiskinan," katanya.

Lagi pula bulan Maret - April itu terjadi panen raya. Jadi inflasi pada bulan tersebut diharapkan terkendali. Maka target pemerintah 4,9% inflasinya tahun ini dapat terealisir.

"Kita kan target 4,9% angka inflasi pemerintah tahun ini dari APBN. Itu sudah memperhitungkan kenaikan listrik dan UMP. Jadi kita harus jaga agar tidak keluar dari itu. Ini kan potensi Maret-Desember ada waktu supaya bulan berikut bisa diredam," tuturnya.

Untuk inflasi bulan Februari 2013 0,75% dan inflasi tahun kalender Januari-Februari 2013 sebesar 1,85%. Inflasi dari tahun ke tahun selama dua belas bulan terakhir (Februari 2013 terhadap Februari 2012) tercatat sebesar 4,96%.

Sementara inflasi bulan Januari 2013 mencapai 1,03%. Pemicunya adalah ada beberapa komoditi musiman yang naik akibat cuaca yang tidak baik. Laju inflasi Januari ini di atas inflasi Desember 2012 sebesar 0,54%. Untuk tahunan atauyear on year, inflasi Januari 2013 adalah 4,57%. Beberapa komoditi yang naik yang menjadi pemicu inflasi Januari ini adalah sayuran, daging ayam, cabai dan bawang.

 

m dot inilah dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN ANCAM WARGA YOGYAKARTA, JADI TAMU DI DAERAH SENDIRI

KEMISKINAN ANCAM WARGA YOGYAKARTA, JADI TAMU DI DAERAH SENDIRI

SAPA INDONESIA - PERKEMBANGAN wilayah perdesaan (rural) di...
RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

RPJMN TARGETKAN RASIO GINI MENCAPAI 0,36 PADA 2019

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH berkomitmen mempercepat laju pemerataan...
KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

KETIMPANGAN SOSIAL TURUN BANTU CAPAI TARGET SDGS

SAPA INDONESIA - SEJALAN dengan penurunan rasio gini, indeks...
KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

KORUPSI DANA DESA RP 137,9 JUTA, SEORANG KADES DITAHAN

SAPA INDONESIA - KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Gunungkidul, Yogyakarta,...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook