Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BULOG MALANG ALAMI KESULITAN SERAP BERAS

kemiskinan-pemiskinan-raskin1

SAPA - Pengadaan beras di Bulog Malang, Jawa Timur, selama Januari-Februari tahun 2013 tidak memenuhi target sehingga diduga memicu kenaikan harga beras di pasaran.

"Sejauh ini hanya mampu menyerap 30 ton gabah dan 75 ton beras dari target pengadaan setara beras dua bulan sebanyak 375 ton," tegas Kepala Bulog Malang Nina Afrisanti kepada Media Indonesia, Senin (4/3).

Ia menjelaskan penyebab tidak memenuhi target pengadaan karena memang belum panen raya. Sedangkan panen raya sendiri diprediksi pada Maret, dan diharapkan pada bulan itu mampu menyerap setara beras sebanyak 690 ton.

Mitra kerja Bulog kesulitan membeli beras petani karena panen seluruhnya terserap pasar. Petani memilih menjual beras di pasar dengan harga lebih bagus ketimbang menjual di Bulog dengan harga Rp6.600 per kilogram.

Ia mengakui memang terjadi penaikan harga beras di pasaran untuk kwalitas super mencapai Rp9.000 per kilogram. Penyebabnya karena penyaluran beras untuk warga miskin (raskin) Januari-Februari terjadi keterlambatan.

Raskin terlambat disalurkan karena data rumah tangga sasaran (RTS) dari tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan juga terlambat. Hal itu terjadi karena penyerahan data RTS dari Pemerintah Kabupaten/Kota di Malang, Batu, dan Pasuruan lambat disetorkan.

Dampaknya adalah dengan suplai beras yang minim di pasar karena belum panen raya, maka harga menjadi naik akibat tingginya permintaan. Pasalnya RTS yang biasa mengonsumsi raskin terpaksa juga membeli beras di pasar.

"Jadi penaikan harga beras di pasaran karena penyaluran raskin terlambat, dan belum panen raya," tegasnya.

Ia mengungkapkan sekarang penyaluran raskin sudah mulai berjalan, dan diharapkan setelah itu harga beras tidak melambung.

"Data raskin di Kabupaten/Kota Malang, Pasuruan, dan Kota Batu turun 16% dari 5.300 RTS menjadi 4.500 RTS," katanya.

Kendati kesulitan pengadaan, tapi pihaknya tidak khawatir karena stok beras di gudang Bulog mencapai 29.455 ton, dan beras sebanyak itu mencukupi kebutuhan enam bulan ke depan.

Banyaknya stok tersebut disumbang pencapaian pengadaan 2012 mencapai 76.600 ton yang melebihi target sebanyak 70.000 ton.

 

m dot metrotvnews dot com

Terpopuler

Terbaru

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

SAPA INDONESIA - KETIMPANGAN ekonomi atau gini ratio DIY yang...
VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

SAPA INDONESIA - MENCERMATI fenomena angka kemiskinan yang...
BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

SAPA INDONESIA - NOMINAL belanja rokok di Kabupaten Kulonprogo,...
SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - SETIAP desa memiliki potensi untuk membentuk...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook