Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

8 KECAMATAN DI INHU DAPAT DANA PNPM MP

kemiskinan-pemiskinan-pnpmperdesaan

SAPA - Pemerintah pada tahun 2013 ini telah menganggarkan dana Rp7,2 miliar untuk Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MP). Dana tersebut akan disalurkan ke delapan kecamatan yang ada di Inhu.

Sumber dana PNPM MP tahun 2013 berasal dari sharing dana yakni dari APBD Inhu sebesar Rp1,360 miliar dan APBN sebesar Rp5,840 miliar. Besarnya dana PNPM MP meningkat dari tahun 2012 lalu yang dialokasikan sebesar Rp6,7 miliar.

"Dari APBD Inhu sebesar Rp670 juta dan APBN Rp6.030 miliar," ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (Bapemaspemdes) Kabupaten Inhu, Suratman melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Herlina, Senin (4/3).

Herlina menjelaskan, delapan kecamatan yang mendapatkan kucuran dana PNPM MP yakni Kecamatan Rengat, Kecamatan Kuala Cenaku, dan Kecamatan Batang Cenaku.

"Selanjutnya Kecamatan Pasir Penyu, Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Kecamatan Kelayang, Kecamatan Peranap dan Kecamatan Batang Peranap dengan perolehan besarana dana antara Rp.800 juta hingga Rp1 miliar tiap kecamatan," papar Herlina.

Disebutkan Herlina, dana tersebut disalurkan langsung kemasyarakat dan dikelola oleh masyarakat untuk mambangun fasilitas dan lainnya sesuai dengan usulam pembangunan yang dihasilkan dari Musyarawah Desa (Musdes). Sebab dana tersebut di alokasikan kepada masyarakat untuk memberdayakan desa maupun kelurahan.

Herlina menuturkan, PNPM MP ini diawali dengan program pengembangan kecamatan sebagai dasar pengembangan masyarakat di pedesaan. Melalui PNPM MP dapat dirumuskan kembali mekanisme upaya penanganan penanggulangan kemiskinan dengan melibatkan unsur masyarakat mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pemantauan dan evaluasi.

Melalui proses pembangunan parsitipatif ini, kesadaran dan daya kritis masyarakat terutama masyarakat miskin dapat ditumbuh kembangkan hingga mereka bukan lagi sebagai objek melainkan subjek dalam upaya penanggulangan kemiskinan, tutupnya.

 

inhusatu dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN anggaran Kementerian Desa, Pembangunan...
KADES HARUS LIBATKAN TENAGA PENDAMPING

KADES HARUS LIBATKAN TENAGA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH pusat telah menggelontorkan dana...
BANTUAN PANGAN LEWAT KARTU

BANTUAN PANGAN LEWAT KARTU

SAPA INDONESIA - BANTUAN pangan nontunai diluncurkan serentak...
KETIMPANGAN MASIH LEBAR

KETIMPANGAN MASIH LEBAR

SAPA INDONESIA - KUASA pasar menjadi lokomotif memburuknya...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook