Sejahtera Itu Hak, Kaukus Kemitraan Independen Untuk Pencapaian Kesejahteraan, KKIPK, Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BERHASIL TURUNKAN KEMISKINAN, NTB ADOPSI JAMSOSRATU

KEBERHASILAN program Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu) menurunkan angka kemiskinan di Provinsi Banten sejak 2013 lalu menarik minat daerah lain untuk mengadopsi program investasi sosial tersebut.

Sejumlah daerah pernah belajar program yang digagas mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu karena menyentuh langsung kehidupan keluarga miskin seperti Kabupaten Bangka Belitung, Provinsi Riau dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Rombongan Provinsi NTB melakukan studi banding ke Dinsos Banten selama dua hari, Selasa (30/4/2019)-Rabu (1/5/2019). Kepala Dinas Sosial (Dinsos) NTB Ahsanul Khalik mengatakan, datang ke Banten guna belajar keberhasilan program Jamsosratu yang sudah berjalan enam tahun.

"Program Jamsosratu sudah menjadi perbincangan nasional, karena terbukti menurunkan angka kemiskinan. Jadi kami menurut kami program Jamsosratu ini bisa direplikasi juga di NTB," terangnya kepada INDOPOS, Rabu (1/5/2019).

Menurut Ahsanul juga, Provinsi NTB berpenduduk hampir 5 juta jiwa dengan warga miskin mencapai 14,63 persen."Angka kemiskinan di NTB cukup tinggi. Jadi kami melirik program Jamsosratu untuk kami terapkan di daerah kami," tuturnya.

Guna mengadopsi program Jamsosratu itu, rombongan Dinsos NTB datang ke Banten untuk belajar rancangan awal Jamsosratu, proses perencanaan dan proses kerja sama dengan pihak pihak terkait, termasuk peran Dinsos menangani program tersebut.

Menurut Ahsanul lagi, Jamsosratu sebuah program luar biasa bentuk perhatian Pemprov Banten kepada warga miskin. "Selama ini pemerintah jarang memperhatikan investasi sosial dan cenderung perhatian kepada investasi fisik," cetusnya.

Kalau investasi fisik, katanya juga, biasa. Namun investasi jaminan sosial seperti Jamsosratu baru ada di Banten."Jadi apa yang dihadapi keluarga miskin itu yang diintervensi Pemprov Banten melalui Jamsosratu ini. Seperti biaya anak sekolah, gizi ibu hamil, stunting dan masalah sosial lainnya," ujar Ahsanul lagi.

Sementara itu, Kepala Dinsos Banten Nurhana mengaku bangga program Jamsosratu banyak diadopsi daerah. Dia juga mengaku, program replikasi Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial hanya Banten yang memiliki pendekatan langsung ditujukan kepada kebutuhan keluarga miskin.

"Keberhasilan program Jamsosratu ini, bisa membantu menurunkan angka kemiskinan di Banten," terangnya. Menurutnya juga, tidak semua daerah memiliki program bantuan sosial (bansos) yang menjadi acuan bagi daerah lain untuk diterapkan di daerah tersebut.

Dalam kunjungan itu, rombongan pejabat Dinsos Provinsi NTB menyaksikan secara langsung pemberian bantuan Jamsosratu kepada 1.000 masyarakat dari Kota Serang dan Kabupaten Serang, yang dihelat di Aula Gedung D'Wiza Restro, Selasa, (30/4).

Terpisah, Kasi Jaminan Sosial Keluarga (Jamsoskel) Dinsos Banten Budhi Darma Sumapraja menjelaskan, penerima bantuan sosial dalam program Jamsosratu juga dibekali kartu multiguna yang dapat digunakan di ATM bank bersama dan belanja di minimarket.

"Para penerima bantuan sosial dari Pemprov Banten kini tidak perlu lagi repot mengantre di bank dan kantor pos untuk mencairkan dana bantuan yang jadi haknya. Mereka sudah dibekali kartu multiguna yang terintegrasi dengan bank," terang Budhi

Bahkan, kata Budhi lagi, pemegang kartu multiguna bahkan bisa digunakan untuk berobat dan sekolah gratis. Kedepan, warga miskin pemegang kartu multiguna dapat digunakan untuk menaiki moda transportasi darat Damri yang ada di Provinsi Banten.

Sumber: Indopos dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

PENGELOLAAN DATA PENTING DALAM PEMBANGUNAN DESA

PENGELOLAAN DATA PENTING DALAM PEMBANGUNAN DESA

PENGELOLAAN data menjadi hal yang penting untuk mempercepat...
JOKOWI BUKA MUSRENBANGNAS RKP 2020 FOKUS PENGEMBANGAN SDM

JOKOWI BUKA MUSRENBANGNAS RKP 2020 FOKUS PENGEMBANGAN SDM

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla...
PENGANGGURAN PALING BANYAK DI JAWA BARAT CAPAI 527.000 ORANG

PENGANGGURAN PALING BANYAK DI JAWA BARAT CAPAI 527.000 ORANG

BADAN Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka...
JUMLAH PENGANGGURAN RI TURUN JADI 6,82 JUTA ORANG

JUMLAH PENGANGGURAN RI TURUN JADI 6,82 JUTA ORANG

BADAN Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook