Sejahtera Itu Hak, Kaukus Kemitraan Independen Untuk Pencapaian Kesejahteraan, KKIPK, Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TEKAN ANGKA KEMISKINAN, KEMENSOS PERKUAT PERAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN

MENTERI Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengukapkan salah satu program prioritas nasional yakni Program Keluarga Harapan (PKH) mampu mengurangi kemiskinan dan kesenjangan di masyarakat.

Tak hanya itu, dalam empat tahun terakhir PKH juga mampu meningkatkan daya beli masyarakat yang kurang mampu.

"PKH juga terbukti menjadi program bantuan sosial yang mendorong kreativitas keluarga dalam meningkatkan produktivitasnya dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam keluarga," ujar Agus dalam Rapat Kerja Nasional (Rakornas) PKH di Hotel The Sultan, Jakarta Pusat, pada Kamis (2/5/2019).

Meski begitu, lanjutnya, untuk mensukseskan PKH ini diperlukan kerja sama yang baik antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah. Ini perlu dilakukan agar angka kemiskinan dapat semakin ditekan.

"Kerjasama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah dalam pelaksanaan PKH menjadi faktor pengungkit dalam percepatan penurunan kemiskinan di Indonesia," imbuhnya.

"Berbagai inovasi yang dilakukan untuk penguatan PKH dalam menekan angka kemiskinan tidak akan berhasil tanpa peran pemerintah daerah.".

Ia menjelaskan, setidaknya ada empat sektor yang perlu diperkuat dalam kerja sama dengan Pemda. Empat sektor tersebut yakni monitoring penyaluran bantuan sosial, integrasi sistem informasi akurasi data, penguatan kemandirian Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH, dan dukungan peningkatan kapasitas SDM PKH.

"Kami berharap pemerintah daerah juga melakukan monitoring terhadap penyaluran bantuan sosial PKH agar memenuhi 6 T, yakni tepat waktu, tepat kualitas, tepat administrasi, tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat harga," kata Agus.

Sumber: Poskotanews dot com

Terpopuler

Terbaru

PENGELOLAAN DATA PENTING DALAM PEMBANGUNAN DESA

PENGELOLAAN DATA PENTING DALAM PEMBANGUNAN DESA

PENGELOLAAN data menjadi hal yang penting untuk mempercepat...
JOKOWI BUKA MUSRENBANGNAS RKP 2020 FOKUS PENGEMBANGAN SDM

JOKOWI BUKA MUSRENBANGNAS RKP 2020 FOKUS PENGEMBANGAN SDM

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla...
PENGANGGURAN PALING BANYAK DI JAWA BARAT CAPAI 527.000 ORANG

PENGANGGURAN PALING BANYAK DI JAWA BARAT CAPAI 527.000 ORANG

BADAN Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka...
JUMLAH PENGANGGURAN RI TURUN JADI 6,82 JUTA ORANG

JUMLAH PENGANGGURAN RI TURUN JADI 6,82 JUTA ORANG

BADAN Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook