Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DINILAI TIDAK TEPAT SASARAN PENDATAAN JAMKESMAS DI CIANJUR

kemiskinan-pemiskinan-jamkesmas9

SAPA - Informasi pendataan kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) tahun 2013 di Kabupaten Cianjur dinilai Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur banyak tak tepat sasaran. Pasalnya, masih ada warga miskin tak terdata sebagai penerima kartu Jamkesmas.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Cianjur, Niswan Purwenti tak menampik jika pendataan Jamkesmas cenderung tak tepat sasaran. Sebab, masih banyak masyarakat yang semestinya mendapatkannya, namun pada kenyataannya tidak terdata.

"Sebetulnya dalam konteks pendataan Jamkesmas, kita hanya sebatas melayani. Misalnya mendistribusikan kartu. Kaitan Jamkesmas yang melakukan pendataan adalah pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS). Kita memang sangat menyayangkan pendataan Jamkesmas cenderung tak tepat sasaran. Makanya nanti saat pendataan Jamkesda, kita harapkan lebih tepat sasaran," kata Niswan didampingi Kepala Seksi Bina Usia Lanjut dan Jaminan Pelayanan Kesehatan, Ira Sri Indriati di ruang kerjanya, Selasa (5/3/2013).

Niswan menyebutkan, jumlah penerima kartu Jamkesmas di Kabupaten Cianjur tahun 2013 berdasarkan pendataan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) tercatat sebanyak 1.025.775 jiwa atau mengalami penambahan dari tahun 2012 sebanyak 693.654 jiwa.

"Untuk tahun 2013 ada peningkatan jumlah penerima hampir 50% lebih. Tapi bagi peserta lama yang tidak terdapat pada tahun 2013 ini, tidak perlu risau karena limit Jamkesmas tahun 2012 berlaku hingga 31 Maret 2013," tuturnya.

Niswan tak bisa memastikan penyebab membengkaknya jumlah warga penerima kartu Jamkesmas tahun ini. Namun jika melihat dari juklak dan juknis, penambahan jatah penerima Jamkesmas lantaran secara umum pemerintah tidak hanya mengkhususkan kartu tersebut untuk warga miskin saja.

"Sebetulnya kuota penerima Jamkesmas di Kabupaten Cianjur itu sebanyak 818.836 jiwa atau 30% dari jumlah penduduk. Kemungkinan penambahan ini bisa karena jumlah warga miskin di Kabupaten Cianjur bertambah, bisa juga lantaran sesuai juknis bisa meng-cover masyarakat lainnya, di luar masyarakat miskin. Pendistribusian kartu Jamkesmas dilakukan bertahap," tuturnya.

Namun Niswan berharap, adanya penambahan jatah penerima kartu Jamkesmas tahun ini, secara tidak langsung bisa meng-cover masyarakat penerima Jamkesda yang didanai dari APBD kabupaten dan provinsi. Karena itu, hingga saat ini belum ada pendataan penerima Jamkesda tahun 2013.

"Untuk Jamkesda masih menggunakan data tahun 2012. Belum ada sasaran baru. Mudah-mudahan saja tidak ada pendataan baru karena dari Jamkesmas sendiri sudah ada penambahan," pungkasnya.

 

inilahkoran dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 120 T, KEMENDES KAJI 2 OPSI PENCAIRAN

DANA DESA RP 120 T, KEMENDES KAJI 2 OPSI PENCAIRAN

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Desa Tertinggal,...
PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DARI DANA DESA CETAK SEJARAH

PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DARI DANA DESA CETAK SEJARAH

SAPA INDONESIA - DI bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo...
DANA DESA DIHARAPKAN TAK MELULU UNTUK BANGUN INFRASTRUKTUR

DANA DESA DIHARAPKAN TAK MELULU UNTUK BANGUN INFRASTRUKTUR

SAPA INDONESIA - ANGGOTA Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera...
19 KADES KOTA BARU DIPERIKSA TERKAIT DANA DESA SENILAI RP 6,4 MILIAR

19 KADES KOTA BARU DIPERIKSA TERKAIT DANA DESA SENILAI RP 6,4 MILIAR

SAPA INDONESIA - DANA Desa yang diterima desa di lokasi Kota...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook