Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TAK PUNYA KARTU JAMKESMAS, WARGA MISKIN PERLU BANTUAN

kemiskinan-sapa-orangmiskinjamkesmasjatuhSAPA - Seorang buruh tani membutuhkan bantuan untuk berobat dan biaya operasi. Nasib naas dialami Sapardi (26), warga Dusun Gowok Sabrang, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Buruh tani ini mengalami patah tulang leher dan tulang belakang.

Hal ini membuat Sapardi kini tergolek tak berdaya di ruang Intensive Care Unit (ICU) RS Ortopedi Prof Dr Suharso, Surakarta sejak 25 Februari lalu. Seluruh anggota tubuh bujangan ini tak bisa digerakkan seperti tangan dan kaki.

Tragisnya, ia merupakan warga miskin yang tidak mendapatkan kepesertaan kartu Jamkesmas maupun Jamkesda. Padahal setiap hari ia menjadi tulang punggung keluarga.

Kini ibunya Ny Rumi (60) kesulitan untuk membiayai pengobatan Sapardi. "Mereka hanya buruh tani yang penghasilannya hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Sapardi mengalami patah tulang leher dan tulang belakang sehingga butuh operasi," kata Seno, paman korban.

Seno mengatakan pihaknya mendapatkan informasi daro dokter bahwa korban setidaknya harus dirawat di rumah sakit selama dua bulan. Biaya kamar per hari mencapai Rp 350 ribu sehingga selama dua bulan dibutuhkan Rp 21 juta.

Jumlah tersebut belum termasuk biaya operasi, obat-obatan dan perawatan. "Kami tak tahu harus mencari biaya kemana. Kami mau minta bantuan biaya pemilik rumah tidak mungkin. Dia janda dengan tiga anak kecil-kecil," kata dia.

Anggota BPD Desa Sengi Marsono mengatakan Sapardi terjatuh saat bergotong royong memperbaiki rumah rusak milik tiga anak yatim. Saat itu, dua warga terjatuh dari atap sehingga terluka parah.

Menurut Marsono pihaknya sudah membuat surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari Desa Sengi namun pihak Dinkes Kabupaten Magelang tak bisa menandatanganinya karena korban dirawat di Solo.

Sebelumnya, ia dibawa ke RSUD Muntilan namun langsung dirujuk ke Solo karena kondisi patah tulang yang sangat parah. "Kami minta pemerintah turun tangan," harap dia.

 

Sumber : Suara Merdeka dot com

Terpopuler

Terbaru

PEREMPUAN ADAT TERABAIKAN

PEREMPUAN ADAT TERABAIKAN

SAPA INDONESIA - MESKIPUN telah meratifikasi Konvensi PBB mengenai...
KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

SAPA INDONESIA - SEBANYAK tujuh BUMDes mengikuti pelatihan...
SEJAHTERAKAN MASYARAKAT, KADES BENTUK BUMDES

SEJAHTERAKAN MASYARAKAT, KADES BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - BUPATI Purworejo H Agus Bastian SE MM menginstruksikan...
BANJARNEGARA: 7.000 RUMAH TAK LAYAK HUNI AKAN DIPUGAR

BANJARNEGARA: 7.000 RUMAH TAK LAYAK HUNI AKAN DIPUGAR

SAPA INDONESIA - PEMKAB Banjarnegara pada tahun ini menargetkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook