Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PRIORITASKAN PENINGKATAN SDM

kemiskinan-pemiskinan-papua1

SAPA - Salah satu cara memajukan suatu wilayah dari ketertinggalan terhadap pembangunan di berbagai sisi kehidupan, peningkatan sumberdaya manusia (SDM) harus diprioritaskan.

Hal tersebut dikatakan tokoh masyarakat distrik Wesaput, Hiron Huby, kepada Harian Pagi Papua, beberapa hari lalu.

Hiron mengatakan, pembangunan di daerah khususnya di distrik Wesaput harus dikembalikan kepada tingkat kesadaran masyarakat, karena pembangunan merupakan suatu hal yang penting dimana harus ada kepedulian dan partisipasi warga masyarakat.

Dikatakannya, peningkatan SDM harus dilakukan dan dibenahi, dalam hal ini peningkatan SDM aparatur pemerintah baik di kampung maupun sampai kepada tingkat Distrik, dimana dengan peningkatan SDM nantinya aparatur pemerintah dapat mempelajari cara membuat laporan dan pengaturan keuangan secara baik.

Lanjut Hiron, untuk menangani masalah peningkatan SDM, perlu dilakukan pelatihan khusus bagi para aparatur yang ada di tingkat distrik dan tingkat kampung, agar dapat menata dan mengatur penggunaan keuangan di wilayah pemerintahannya masing-masing, sehingga dalam membuat laporan ada kejelasan dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Kalau pelatihan aparatur tidak dilakukan maka masalah akan terjadi terus-menerus dan ini perlu dilakukan segera mungkin," kata Hiron.

Saat disinggung tentang tenaga pendamping program respek untuk wilayah distrik Wesaput yang tidak melaksanakan tugas dengan baik, Hiron mengatakan, sangat menyesalkan tindakan tersebut. Karena dengan adanya PNPM mandiri, dapat mengejar ketertinggalan pembangunan khususnya di distrik Wesaput.

Hiron menambahkan, dalam menjalankan program PNPM mandiri diperlukan kerjasama dan koordinasi yang baik, terhadap semua petugas dan pelaksanaan program dan melakukan evaluasi terhadap program yang akan dilakukan dalam tahun berjalan. Dengan begitu, akan tercapai tujuan yang baik demi kesejahteraan masyarakat.

"Tenaga PNPM yang ada sekarang inikan milik distrik Wamena kota, jadi sebaiknya diganti saja dengan melakukan pemilihan ulang," kata Hiron.

 

harianpagipapua dot com

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook