Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BANGUN KEPERCAYAAN PENGELOLAAN ZAKAT

kemiskinan-pemiskinan-zakat1

SAPA - Salah satu prasyarat penting untuk mewujudkan pengelolaan zakat nasional yang transparan, akuntabel dan mudah diakses adalah dengan terciptanya Sistem informasi zakat terintegrasi antara Baznas dan Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) seluruh Indonesia.

Kondisi ini diharap mampu menumbuhkembangkan kepercayaan warga, terutama dalam berzakat termasuk kepada Baznas di beberapa daerah sebagai pengelola keuangan.

Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim Farid Wadjdy menegaskan hal itu saat membuka sistem pelatihan informasi dan manajemen Baznas atau Simba dengan tema "Menuju Manajemen Baznas yang Amanah dan Terintegrasi" di Balai Mufakat Tanjung Redeb, Kamis (8/3) malam.

Menurut Farid, memang sudah saatnya seluruh Baznas se Kalimantan memantapkan koordinasi secara kelembagaan dan memperluas sistem informasi manejemen ini. Sehingga hal itu akan mempermudah akses kontrol terhadap penyaluran, pengelolaan, serta jumlah penerima, yang berzakat serta potensi zakat yang bersumber dari dalam daerah.

"Apabila ini terwujud dengan baik, tentu akan memberikan sebuah kepercayaan yang besar kepada warga, termasuk mereka yang berzakat," katanya.

Dijelaskan Farid, berkaitan dengan peran zakat dalam program penanggulangan kemiskinan, keberadaan badan amil zakat sebagai salah satu lembaga pengelola zakat harus dapat menjalin koordinasi dan sinergi dengan lembaga-lembaga pemerintahan yang terkait dengan program pengentasan kemiskinan.

"Ini artinya jangan sampai ada segmen masyarakat yang terus mendapat bantuan, namun di sisi lain ada yang tidak. Di sinilah diperlukan sinergi dan wajib hukumnya badan amil selalu berkoordinasi dengan jajaran pemerintahan," jelasnya.

Terpisah, Bupati Makmur HAPK mengucapkan terima kasih kepada Baznas provinsi yang telah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Berau sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Rakor Baznas yang juga dirangkaikan dengan pelatihan sistem informasi manajemen Baznas atau SIMBA yang diikuti sekitar 14 Kabupaten kota se Kalimantan ini.

"Semoga kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat yang positif, bagi upaya kita untuk bersama-sama membangun sistem informasi manajemen Baznas khususnya bagi badan amil zakat nasional, provinsi dan baznas kabupaten kota se Kalimantan Timur," ungkapnya.

Di akhir acara, Wagub bersama Bupati menyerahkan cenderamata kepada beberapa perwakilan Baznas yang juga ditandai dengan penyerahan wakaf tunai dari pengurus Baznas Berau sebesar Rp 78 juta lebih untuk pembelian kantor sekretariat di Jl SM Aminuddin. Selain itu, penyerahan ZIS wajar Dikdas dan penyerahan bantuan program pemberdayaan Pondok Pesantrean melalui Program Berau Taqwa sebesar Rp 12 juta lebih kepada Pondok Pesantren Al-Adnan.

 

kaltimpost dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

SEBELUM DICIDUK TIM SABER PUNGLI, DPMD SUDAH PERINGATKAN KADES

SEBELUM DICIDUK TIM SABER PUNGLI, DPMD SUDAH PERINGATKAN KADES

SAPA INDONESIA - DINAS Pemberdayaan Masyarakat dan Desa telah...
JOKOWI INGATKAN MASYARAKAT TAK PAKAI DANA BANTUAN UNTUK BELI PULSA

JOKOWI INGATKAN MASYARAKAT TAK PAKAI DANA BANTUAN UNTUK BELI PULSA

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan...
161 DESA BELUM MENYERAHKAN PERSYARATAN PENCAIRAN

161 DESA BELUM MENYERAHKAN PERSYARATAN PENCAIRAN

SAPA INDONESIA - SEBANYAK 161 desa di Wonogiri belum memenuhi...
DANA DESA DIPRIORITASKAN ENTASKAN KEMISKINAN

DANA DESA DIPRIORITASKAN ENTASKAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - WAKIL Menteri Keuangan Mardiasmo melakukan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook