Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

787 RTS PENGGANTI DIUSULKAN SEBAGAI PENERIMA RASKIN

kemiskinan-pemiskinan-raskin1

SAPA - Sekdako Banjarmasin Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) telah mengajukan 787 RTS (Rumah Tangga Sasaran) pengganti ke pemerintah pusat untuk dimasukkan dalam data penerima raskin tahun 2013.

Kepala Bagian Kesra Sekdako Banjarmasin Sugiannor menyebutkan, angka 787 ini adalah hasil dari musyawarah kelurahan (muskel) di lima kecamatan sepanjang tahun 2012 tadi.

Muskel adalah mekanisme untuk mengganti RTS penerima raskin. Misal, raskin ternyata jatuh ke tangan orang mampu, sementara tetangganya yang miskin justru tidak mendapatkannya. Ketua RT lalu membawa masalah kekeliruan pembagian raskin ini ke muskel untuk kemudian datanya dikirimkan ke Kementerian Kesejahteraan Rakyat dan TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan) di bawah Wakil Presiden RI.

"Penerima raskin untuk tahun 2012 sejumlah 20.176 RTS, sedangkan tahun ini 19.182 RTS. Data itu bisa saja salah. Jadi diperlukan muskel untuk memvalidasi dan memverifikasi ulang," kata Sugiannor di ruangan kerjanya kemarin (8/3) pagi.

Contoh kekeliruan data ini, beberapa waktu lalu dua PNS yang berdomisili di Jalan Veteran tercatat menjadi penerima raskin. "Sekali lagi, data ini bisa salah. Di sinilah perlunya muskel. Ingat, para Ketua RT dan lurah setempat yang paling mengetahui kondisi warganya," ujarnya.

Data penerima RTS ini memakai hasil suvey PPLS (Pendataan Program Perlindungan Sosial) 2011 yang digelar oleh BPS (Badan Pusat Statistik) dan TNP2K. Melihat pengurangan jatah sekitar 994 RTS, tidak berarti orang miskin di Banjarmasin berkurang atau kian sejahtera. "Permasalahan penetapan kuota ini kan wewenang pusat," pungkasnya. Perlu dirincikan, pagu raskin 2013 untuk Banjarmasin dengan jumlah RTS 19.182 dan jatah per RTS 15 kilogram selama 12 bulan adalah 3.452.769 kilogram.

 

radarbanjarmasin dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook