Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENDIDIKAN BISA MEMUTUSKAN RANTAI KEMISKINAN

kemiskinan-pemiskinan-mnuh

SAPA -  Kemiskinan tidak boleh menghambat seseorang untuk berprestasi, demikian ditegaskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M. Nuh. Kemiskinan, ujarnya, bisa didobrak dengan pendidikan dan kerja keras.

"Bangsa ini bisa maju kalau semua komponen masyarakat memilki kesempatan yang sama. Tugas kita adalah melakukan akses. Anggaran untuk bidik misi Rp1,4 triliun. Kita harus punya percaya diri," ujar M. Nuh, saat memberikan kuliah umum di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu, 10 Maret 2013.

Menurutnya, harus ada tekad kuat untuk memutuskan mata rantai kemiskinan. Ia pun mencontohkan bahwa stafnya di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pernah hidup dalam kemiskinan. Namun, kini mereka berhasil meraih gelar profesor dan doktor.

Pada kesempatan tersebut, M. Nuh juga menyinggung jumlah mahasiswa miskin yang berhasil masuk di universitas negeri. "Tugas kita memberikan akses melalui afirmasi. Bukan dari mobil mewah di halaman parkir kampus, tapi berapa orang miskin yang masuk di kampus negeri. Hanya 28 persen anak Indonesia yang menjadi mahasiswa," katanya.

Dia pun berharap pihak kampus ikut andil dalam program beasiswa bidik misi pemerintah. Salah satunya dengan memberikan pendampingan, keterampilan, dan bekal ekstra. "Pro aktif menjemput peserta bidik misi," ucapnya.

Sementara itu Rektor Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak, Thamrin Usman, mengatakan bahwa kemiskinan di Kalimantan Barat memang ada. Namun, ujar Thamrin, jumlahnya tidak banyak."Dan hal itu tersebar di seluruh kabupaten atau kota di Kalimantan Barat ini. Nah, dengan pendidikan itulah kemiskinan akan diberantas," kata Thamrin.

 

starberita dot com

Terpopuler

Terbaru

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...
RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

SAPA INDONESIA - RAPAT Koordinasi (Rakor) teknis tentang penanggulangan...
WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin...
KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook