Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ERATA PTO X JUSTRU AKAN MEMPERKOKOH KEBERADAAN UPK

kemiskinan-pemiskinan-menkokesra3

SAPA - Tahun 2013 adalah merupakan tahun ke 7 dalam pelaksanaan PNPM Mandiri. Dalam rentang waktu tersebut, telah banyak capaian yang telah dibangun di PNPM Mandiri. Erata (draft) Petunjuk Teknis Operasional (PTO) X, justru akan memperkokoh UPK, sebab diantaranya mengatur akuntabilitas, 'good governance', keberlangsungan program, penguatan kelembagaan, dan sebagainya.

Menteri Koordiantor Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), HR. Agung Laksono, mengemukakan hal tersebut terkait adanya penolakan erata (draft) PTO X oleh sejumlah pengurus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) se Jawa Tengah (Jateng) beberapa waktu lalu.

Ketika itu disebutkan penolakan Erata (draft) Petunjuk Teknis Operasional (PTO) X, kian menguat, menyusul regulasi itu dinilai akan mengkerdilkan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan.

Menko Kesra mengemukakan, soal kekhawatiran Erata bakal menggusur UPK, terutama menyangkut pembatasan masa kerja pengurus UPK, menurut Menko Kesra tak perlu terjadi, sebab semua harus dikembalikan pada logika secara proporsional.

Pada prinsipnya tak ada pembatasan masa kerja pengurus UPK, sepanjang yang bersangkutan memiliki kinerja bagus. Namun sebaliknya, jika kinerja pengurus UPK tidak baik, tentunya penggantian kepada personal yang lebih hebat layak dilakukan, ujar Menko Kesra saat berbicara di Seminar Nasional UPK di Gedung Wanita, di Solo, beberapa hari lalu.

Menko Kesra juga memastikan akan menjembatani aspirasi pengurus UPK, termasuk pelibatan dalam penyusunan draft PTO X.

 

PNPM Mesti Berlanjut

Dalam bagian lain dikemukakan, mencermati buah PNPM Mandiri yang mampu menjadi modal sosial masyarakat, program ini tak boleh berhenti, meski terjadi pergantian kepemimpinan nasional.

''Sepanjang masih ada kemiskinan di Indonesia, PNPM mesti berlanjut, sebab program ini pada dasarnya bermuara pada penanggulangan kemiskinan lewat pemberdayaan masyarakat secara partisipatif,'' kata Menko Kesra.

Berdasar evaluasi setelah PNPM Mandiri berjalan selama 7 tahun, hasil yang diperoleh cukup positif dalam kaitan penanggulangan kemiskinan. Demikian halnya tingkat kebocoran pengelolaan dana, relatif kecil, jika dibandingkan dengan omset kegiatan yang mencapai Rp80 triliun, dan Rp6 triliun diantaranya berupa dana bergulir.

Dalam dua tahun terakhir, penurunan angka kemiskinan memang cenderung kecil, sebab hanya pada kisaran 0,6 persen, sementara target yang dipatok minimal 1 persen per tahun.

Hingga kini, angka kemiskinan masih mencapai 11,6 persen, atau turun cukup signifikan dibanding 7 tahun lalu sejak pertama kali PNPM Mandiri diluncurkan, yakni sebesar 17,9 persen. Diproyeksikan pada akhir tahun 2014 mendatang, angka kemiskinan bisa ditekan hingga angka di bawah 10 persen.

Dikemukakan, PNPM Mandiri merupakan bentuk kemitraan antara Pemerintah dengan kelompok masyarakat. Pada tingkat lokal, PNPM Mandiri mampu menciptakan berbagai aktivitas yang mendorong berkembangnya perekonomian, terjadi penyediaan barang dan jasa skala kecil, berkembangnya aktivitas pasar, berkembangnya partisipasi masyarakat miskin, pembentukan modal sosial, dan terciptanya tata pemerintahan yang baik.

Dampak tersebut, tidak dihasilkan secara instan, melainkan ditopang dengan dengan proses mekanisme yang ada di PNPM Mandiri, antara lain dilakukan dengan proses partisipatif dengan fasilitasi pemberdayaan penduduk miskin dan marjinal, alokasi dana langsung kepada kelompok masyarakat berbasis manajemen lokal; dan sistem yang transparan, terbuka, dengan pembinaan dan pengawasan oleh masyarakat.

 

media dot hariantabengan dot com

Terpopuler

Terbaru

KERJA 2018 ADALAH AKSELERASI, ARAH PERTUMBUHAN KE EKONOMI KAWASAN

KERJA 2018 ADALAH AKSELERASI, ARAH PERTUMBUHAN KE EKONOMI KAWASAN

SAPA INDONESIA - RENCANA kerja pemerintah pada 2018 adalah...
MENEMUKAN KORUPSI DANA DESA? HUBUNGI NOMOR INI...

MENEMUKAN KORUPSI DANA DESA? HUBUNGI NOMOR INI...

SAPA INDONESIA - SAAT ini pembahasan potensi korupsi dana desa...
BANYAK KADES YANG BELUM BISA BUAT RAPB DESA

BANYAK KADES YANG BELUM BISA BUAT RAPB DESA

SAPA INDONESIA - KETUA Satgas Dana Desa Bibit Samad Riyanto...
JOKOWI INGIN PENDUDUK DAPAT LAYANAN INFRASTRUKTUR LEWAT DANA DESA

JOKOWI INGIN PENDUDUK DAPAT LAYANAN INFRASTRUKTUR LEWAT DANA DESA

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH terus meningkatkan alokasi dana...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook