Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BERLANJUTNYA KISRUH JAMKESMAS

kemiskinan-pemiskinan-jamkesmas6

SAPA - Kisruhnya permasalahan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) di Kabupaten Magelang masih berlanjut. Dari hasil verifikasi yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, menemukan 6.380 kartu Jamkesmas tidak tepat sasaran.

Diantaranya ada 3.503 warga meninggal namun masih menerima. Kemudian ada 138 PNS, diketahui menerima kartu jaminan kesehatan yang dikhususkan untuk warga miskin tersebut.

"Masih ada banyak data yang kami temukan. Selain warga meninggal dan PNS masih menerima jamkesmas itu, ada juga 1484 warga yang sudah pindah alamat. Kemudian, 133 orang yang sudah mampu dan 740 warga dengan alamat tidak jelas. Selain itu, kami temukan juga 382 kartu rusak," kata Kepala Dinkes Kabupaten Magelang, dr Hendarto Mkes Selasa (12/03/2013).

"Untungnya", lanjut Hendarto, masa berlaku kartu Jamkesmas tahun 2012 yang seharusnya berakhir 28 Februari 2013, diperpanjang menjadi 31 Maret 2013. Perpanjangan itu dilakukan, karena banyaknya ditemukan kendala dalam pendistribusian kartu dan perubahan data kepesertaan Jamkesmas oleh pemerintah pusat. "Untuk saat ini, kami akan berjuang ke pemerintah pusat minta tambahan kuota jamkesmas. Selain itu, kami juga akan minta perubahan sekaligus perbaikan dan penggantian sebanyak 6.380 kartu jamkesmas yang tidak tepat sasaran tersebut," tegasnya.

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Magelang, Mashari menambahkan, sejumlah kartu yang tidak tepat sasaran itu diminta untuk segera ditarik. Kemudian, dikembalikan ke pemerintah pusat supaya bisa diakses oleh warga yang tidak mampu namun tidak memiliki jamkesmas. "Semua ini akibat buruknya sistem pendataan dan penyajian data oleh tim Tim Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Karena itu, kedepan harus diperbaiki lagi," imbuhnya.

 

krjogja dot com

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook