Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ORANG SEHAT BERHAK DAPATKAN PELAYANAN

kemiskinan-pemiskinan-sehat

SAPA - Pelayanan kesehatan tidak hanya diberikan kepada orang sakit. Pelayanan kesehatan juga menjadi hak orang yang masih sehat. Mereka perlu mendapat pelayanan dokter sebelum jatuh sakit. Untuk melayani mereka, tidak bisa lagi mengandalkan pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Pemerintah harus mengembangkan pelayanan primer di luar Puskesmas.

"Pelayanan kesehatan bukan hanya untuk orang sakit saja. Orang yang belum sakit pun harus mendapat pelayanan kesehatan agar tidak jatuh sakit. Dengan kondisi seperti ini tidak bisa menggantungkan kepada Puskesmas," kata Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Zaenal Abidin, Selasa (12/3/2013) di Jakarta.

Saat ini, pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas membludak. Seorang dokter, dalam delapan jam kerja harus melayani lebih dari 100 pasien. Padahal, idealnya mereka bisa melayani 30 pasien saja. Jumlah ini cukup untuk konsultasi antara pasien dan dokter.

Berangkat dari kondisi itu, pengembangan pelayanan primer harus menjadi pilihan. Selain mengandalkan Puskesmas yang sudah kewalahan, pemerintah harus menunjuk klinik kesehatan di semua wilayah menjadi tempat pelayanan. Sistem pelayanan mereka bisa dilakukan dengan rayonisasi.

"Di Jakarta ada ribuan klinik kesehatan yang bisa dipakai sebagai tempat pelayanan. Ini upaya memperkuat pelayanan primer di ujung rangkaian pelayanan program Kartu Jakarta Sehat," kata Zaenal.

 

megapolitan dot kompas dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook