Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

JALAN DESA DI KABUPATEN MALANG RUSAK SEPANJANG 2.800 KM

kemiskinan-sapa-jalandesarusakparahmalangSAPA - Jalan yang menjadi akses bagi warga untuk menjalankan roda perokonomian rusak parah. Sepanjang 2.800 dari 6.902 kilometer jalan desa di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengalami kerusakan cukup parah.

Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang Mohammad Anwar, Rabu (13/3) mengatakan, dari 2.800 kilometer jalan yang rusak tersebut, tahun ini yang bisa diperbaiki sepanjang 600 kilometer dengan anggaran sebesar Rp 43,7 miliar.

"Anggaran itu pun dari dana kemitraan. Karena anggarannya sangat terbatas, penyelesaiannya juga dilakukan secara bertahap dan diprioritaskan bagi jalan yang benar-benar mendesak, yakni jalan yang menjadi akses layanan publik, seperti kantor desa, tempat pendidikan dan layanan kesehatan," ujarnya.

Ia menjelaskan, pengajuan dana kemitraan untuk pembangunan jalan desa itu sebanyak 2.000 proposal dari 378 pemerintah desa, namun yang disetujui hanya 400 proposal dengan jalan rusak yang bakal diperbaiki sepanjang 600 kilometer.

Program kemitraan seperti ini, ungkapnya, bisa membantu warga untuk memperbaiki kondisi jalan desa yang tidak mungkin semuanya dikerjakan oleh Bina Marga. "Panjang jalan desa mencapai 6.902 km, namun yang sudah diperbaiki baru sekitar 61 persen sampai akhir 2012.

Menurut Anwar, anggaran kemitraan tahun ini meningkat dibandingkan tahun 2012 yang hanya Rp 38,7 miliar. Hanya saja, untuk akses jalan ke kawasan yang padat penduduk, tidak mendapat dana kemitraan karena desa bisa memakai dana Pemberdayaan Nasional Masyarakat Mandiri (PNPM).

Ia mengakui, meski banyak sumber anggaran yang bisa digunakan untuk memperbaiki jalan dan drainase yang rusak, tetap saja tidak akan mencukupi karena seringkali terjadi kebutuhan perbaikan yang mendesak (darurat), sehingga yang sudah diprogramkan menjadi dinomorduakan.

Menyinggung penyelesaian perbaikan jalan-jalan desa yang rusak tersebut, Anwar mengatakan, tidak bisa memastikan, apakah lima tahun atau sepuluh tahun ke depan karena banyak perbaikan jalan yang harus dilakukan secara mendesak.

"Yang pasti kami akan terus mengupayakan anggaran perbaikan jalan ini dari tahun ke tahun meningkat agar bisa segera tuntas, baik anggaran dari kemitraan, pemerintah pusat maupun daerah," tandasnya.

 

Sumber : kominfo dot jatimprov dot go dot id

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

SAPA INDONESIA - MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencurigai...
PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) menegaskan...
PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

SAPA INDONESIA - PROGRAM padat karya cash dari dana desa diharapkan...
WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook