Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

SUMATERA UTARA DAPATKAN TAMBAHAN KUOTA JAMKESMAS

kemiskinan-pemiskinan-jamkesmas6

SAPA - Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dapatkan penambahan kuota peserta Jamkesmas sebesar 360.794 jiwa dimana pada awalnya kuota untuk Sumut ini hanya 3.831.503 jiwa. Jadi, total peserta Jamkesmas 2013 untuk Sumut menjadi 4.192.297 jiwa.

Demikian dikatakan Kabid Jaminan Sarana Kesehatan Dinas Kesehatan Sumut Agustama. "Kuota Jamkesmas tahun 2013 sebanyak 76 juta jiwa seluruh Indonesia. Terjadi penambahan 10 juta jiwa sehingga menjadi 86 juta jiwa. Penambahan ini dibagikan berdasarkan porsi untuk seluruh kabupaten/kota di Indonesia termasuk untuk wilayah Sumut," ujar Agustama di ruang kerjanya, Rabu (13/3).

Menurutnya, sampai saat ini belum semua kartu Jamkesmas terdistribusi ke seluruh penerimanya. Untuk itu, kartu Jamkesmas lama masih tetap berlaku.

"Otomatis sebelum dapat kartu yang baru, maka kartu yang lama masih berlaku. Rumah sakit tidak boleh menolak pasien," tegas Agustama.

Disinggung mengenai bila ada rumah sakit yang menolak pasien, Agustama mengatakan, sesuai undang-undang rumah sakit, disebutkan tidak boleh menolak pasien. 'Kalau terbukti ada yang menolak pasien tentunya ada sanksi berupa teguran, kalau tetap melanggar ditegur melalui tulisan," tegasnya.

 

Cabut Izin

Kalau masih tetap melanggar, sambungnya lagi, pemerintah akan mencabut izin kerjasamanya sebagai provider Jamkesmas. Bahkan kalau masih melanggar bisa ditutup rumah sakitnya. "Tapi rumah sakit tidak mungkin berani," imbuhnya.

Berdasarkan data yang diperoleh tentang jumlah peserta program Jamkesmas tahun 2013 di Sumut, dari data BPS tahun 2011 di antaranya Kota Medan yang berpenduduk 2.117.224, peserta Jamkesmasnya sesuai data TNP2K sebanyak 453.437. Langkat peserta Jamkesmas sebanyak 438.130, Deli Serdang peserta Jamkesmas sebesar 337.753. Simalungun 232.959, Asahan 222.520 dan Nias Selatan peserta Jamkesmas sebanyak 187.983 jiwa.

Kepala Seksi Jamkesmas Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Alexander Gultom menyebutkan, pendataan yang dikeluarkan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) terjadi penurunan dan kenaikan jumlah kepesertaan.

"Dari 33 kabupaten/kota, 10 daerah yang mengalami kenaikan jumlah kepesertaan berdasarkan data dari tim TNP2K yang di bawah langsung dari Wapres," katanya.

Persoalan lain, sebut Alex, kalau ternyata si penerima lama tidak mendapatkan kartu Jamkesmas baru, sementara dia masih dikategorikan miskin, akan ada tindakan selanjutnya. "Ini masih secara lisan. Jadi, kita juga minta kepada kabupaten/kota untuk kembali melihat bagaimana kondisi penerima kartu yang baru dan lama," ujar Alex.

 

analisadaily dot com

Terpopuler

Terbaru

DESA DIDORONG OPTIMALKAN PENYERAPAN DANA DESA

DESA DIDORONG OPTIMALKAN PENYERAPAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - SAAT ini, masih ada satu desa di Boyolali,...
KEMISKINAN TERTINGGI DI JABAR, MENSOS TEGASKAN BUTUH STRATEGI KOMPREHENSIF

KEMISKINAN TERTINGGI DI JABAR, MENSOS TEGASKAN BUTUH STRATEGI KOMPREHENSIF

SAPA INDONESIA - MENTERI Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan...
PEMKAB KULON PROGO RUMUSKAN PEMUTAKHIRAN DATA KEMISKINAN

PEMKAB KULON PROGO RUMUSKAN PEMUTAKHIRAN DATA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa...
PEMKAB LAUNCHING SID DAN SIK, PENILAIAN TERHADAP GUNUNGKIDUL SELAMA INI DIANGGAP KONTRADIKTIF

PEMKAB LAUNCHING SID DAN SIK, PENILAIAN TERHADAP GUNUNGKIDUL SELAMA INI DIANGGAP KONTRADIKTIF

SAPA INDONESIA - BERDASARKAN data Badan Pusat Statistik (BPS)...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook