Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMERINTAH DAERAH KAB HSS BANGUN RUMAH UNTUK WARGA KURANG MAMPU

kemiskinan-sapa-bangunrumahhssSAPA - Program yang terus dilakukan Pemerintah Daerah untuk mensejahterakan masyarakat. Terutama Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sejak akhir tahun 2010 yang lalu, hingga kini secara terus - menerus melakukan pembangunan rumah bagi masyarakat miskin yang ada di Kabupaten HSS.

Pembangunan rumah yang dilakukan pemerintah daerah, adalah dengan meluncurkan program Ampih Miskin. Dimana, program tersebut juga memberikan tempat tinggal layak huni. Tidak itu saja, pemerintah daerah juga memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat miskin yang tujuannya adalah agar mereka dapat diberdayakan.

Setelah berjalan beberapa tahun, akhirnya program Ampih miskin milik pemerintah kabupaten ini. Didukung oleh pemerintah pusat melalui Kemenpera dengan meluncurkan program rehab rumah bagi orang miskin. Tidak tanggung-tanggung, program rehab rumah yang diluncurkan Kamenpera ini, sebanyak 5000 lebih. Sehingga membuka kesempatan masyarakat miskin untuk memiliki rumah layak huni.

Bupati HSS Dr H Muhammad Safi'i yang dihubungi Radar Banjarmasin mengatakan, program yang diluncurkan pemerintah pusat bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat miskin dalam mendapatkan hunian yang layak. Program ini, seiring dengan program yang dimiliki oleh pemerintah kabupaten.

"Sederhananya, program yang di luncurkan pemerintah, adalah untuk menjadikan rumah miskin layak huni. Selanjutnya, kegiatan tersebut dilaksanakan sendiri oleh masyarakat yang merupakan bagian dari penataan kawasan," ujar Bupati.

Masih menurut Safi'i, rumah yang dibangun oleh masyarakat dan pemerintah ini merupakan salah satu kebutuhan pokok selain sandang dan pangan. Sebab saat ini pembangunan rumah, bukanlah produk yang dapat dengan mudah terjangkau. Hal ini dikarenakan tingkat pendapatan masyarakat tidak secepat kenaikan harga produk perumahan.

Meskipun saat ini diketahui, bahwa persoalan kepemilikan rumah, adalah persoalan perseorangan. Namun pemerintah bersepakat dapat memfasilitasinya, dengan cara meluncurkan program yang dapat diterima langsung oleh masyarakat miskin. Karena rumah adalah kebutuhan mendasar manusia.

Bupati juga mengatakan, dalam pelaksanaan pembangunan perumahan bagi masyarakat miskin, pihaknya tidak berdiri sendiri. Tetapi, mendapatkan sokongan dari berbagai sektor seperti perusahaan swasta sampai perbankan.

Dalam mencukupi bantuan, pihaknya juga melakukan intervensi kepada dinas-dinas terkait. Dimana masing-masing dinas memberikan pendampingan terhadap masyarakat miskin yang terkena program. Dengan melibatkan semua dinas yang ada, maka program yang diluncurkan dapat semakin mengena.

 

Sumber : Radar Banjarmasin dot go dot id

Terpopuler

Terbaru

ANGKA KEMISKINAN DI SLEMAN CAPAI 37.284 KK

ANGKA KEMISKINAN DI SLEMAN CAPAI 37.284 KK

SAPA INDONESIA - ANGKA kemiskinan di Kabupaten Sleman tergolong...
BUMDES KIAN PENTING, JADI MOTOR PEREKONOMIAN DESA

BUMDES KIAN PENTING, JADI MOTOR PEREKONOMIAN DESA

SAPA INDONESIA - KEBERADAAN badan usaha milik desa (BUMDes)...
BUPATI SERGAI RESMIKAN BUMDES MAJU BERSAMA DI DESA KUTA PINANG

BUPATI SERGAI RESMIKAN BUMDES MAJU BERSAMA DI DESA KUTA PINANG

SAPA INDONESIA - BUPATI Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman...
TANTANGAN ADA DI IMPLEMENTASI

TANTANGAN ADA DI IMPLEMENTASI

SAPA INDONESIA - SEJUMLAH indikator pembangunan menunjukkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook