Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PELATIHAN PNPM PISEW DIBUKA WAGUB JAMBI

kemiskinan-sapa-wagubpnpmpisewjambiSAPA - Penyelenggaraan Diseminasi dan Pelatihan Provinsi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Pengembangan Infrastuktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Provinsi Jambi Tahun 2013 dibuka oleh Wakil Gubernur Jambi H. Fachrori umar, di Hotel Ceria Kota Jambi, Rabu Malam (13/4).

Dalam Sambutannya, Wakil Gubernur menyampaikan, penanggulangan kemiskinan merupakan program prioritas pembangunan baik nasional maupun Provinsi Jambi. Pemerintah pusat menargetkan penurunan angka kemiskinan dari 13% pada tahun 2011 menjadi 6-8% pada tahun 2015. Begitu pula dengan Provinsi Jambi telah ditargetkan oleh Pemerintah Pusat agar dapat menurunkan angka kemiskinan dari 7,9% pada tahun 2011 menjadi 5% pada tahun 2015.

Pemerintah Pusat telah mengeluarkan salah satu program penanggulanan kemiskinan yaitu Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) – Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), dimaksudkan untuk mendukung upaya percepatan pembangunan ekonomi masyarakat perdesaan dengan berbasis pada sumber daya lokal.

Kemudian untuk pengurangan kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, perbaikian pengelolaan pemerintah daerah ditingkat kabupaten, kecamatan dan desa (local governance), serta penguatan institusi lokal di tingkat desa.
Pelaksanaan ini penting dan strategis karena mendukung upaya pencapaian tujuan MDGs (Millennium Developments Goals). Melalui pembangunan berbagai infrastruktur dasar perdesaan seperti transportasi, air bersih dan sanitasi, serta pendidikan dan kesehatan, beberapa tujuan MDGs yaitu pengurangan penduduk miskin, pendidikan dasar, kesetaraan gender, serta pengurangan angka kematian ibu dan bayi dapat terbantu pencapaiannya.

Wakil Gubernur juga menyampaikan Wujud komitmen terhadap pemerataan pembangunan dan pengurangan kemiskinan, pemerintah provinsi jambi telah juga melahirkan program penanggulangan kemiskinan yaitu program SAMISAKE (Satu Milyar Satu Kecamatan) program ini meliputi bedah rumah, pemberian sertifikat gratis, Jamkesmasprov, pemberian beasiswa di jenjang SD, SMP, SMA dan S1, bantuan Alat Pertanian, Bantuan UMKM, Bantuan kendaran Bersih, alokasi dananya dari Provinsi langsung ke Kecamatan.

Untuk percepatan pencapaian target MDGs 2015, Provinsi Jambi akan meluncurkan "Program Pos Pemberdayaan Keluarga" sebagai salah satu upaya pemberdayaan masyarakat dan wadah partisipasi masyarakat dalam pengentasan kemiskinan melalui pemantapan fungsi keluarga dalam pencapaian target MDGs.

Pekerjaan kedepan seperti partisipasi seluruh pihak, sinergi dan integrasi PNPM PISEW dengan Program Kemiskinan lain, dan koordinasi antar instansi dan antar pusat dan daerah agar terus ditingkatkan.
"Keberhasilan PNPM PISEW tidah hanya bergantung pada Bappeda, Dinas PU dan Pemerdayaan masyarakat tapi juga instansi lain seperti Dinas Perkebunan, Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Instansi lainnya," ujar Wagub.

 

Sumber : Infojambi dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook