Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DANA PNPM-MP TELAH TERSERAP RP.381 MILIAR LEBIH

kemiskinan-pemiskinan-pnpmgarut

SAPA - Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan yang digulirkan oleh pemerintah sebagai pengganti dari Program Pengembangan Kecamatan (PPK), diharapkan menjadi salah satu solusi dalam rangka menumbuhkembangkan ekonomi dan kemandirian masyarakat.

Di Kabupaten Garut hingga akhir tahun 2012, dana yang telah terserap oleh masyarakat melalui program PNPM-Mandiri Perdesaan yang tersebar di 36 kecamatan sebesar Rp. 381.950.000.000, diperuntukkan bagi pembangunan fisik dan ekonomi.

Menurut sekretaris Kelompok Kerja Ruang Belajar Masyarakat (Pokja RBM) Kabupaten Garut, Suhendar, pelaksanaan program yang banyak melibatkan masyarakat, dinilai sukses dibanding dengan program-program sebelumnya.

Oleh karena itu, ungkap Suhendar, masyarakat di Kabupaten Garut diharapkan bisa berperan aktif dalam mengawal program nasional ini sehingga benar-benar bisa dinikmati oleh keluarga Rumah Tangga Miskin (RTM).

"Sasaran dari PNPM-MP adalah Rumah Tangga Miskin. Oleh karena itu, partisipasi dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk menyukseskan program ini," harap Suhendar.

Berdasarkan hasil pembangunan sampai akhir tahun 2012, jalan desa yang sudah dibangun di 36 kecamatan mencapai 760.960 meter yang tersebar di 169 titik dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp.163.178.740.990.

Selain jalan, PNPM-Mandiri Perdesaan juga sudah membangun irigasi sebanyak 88 unit, Jembatan 59 unit, sekolah 324 unit, gedung kesehatan 200 unit, termasuk juga prasarana umum lainnya. Sementara untuk bantuan modal bagi masyarakat miskin melalui program Simpan Pinjam perempuan (SPP), dana yang sudah digulirkan sebesar Rp. 50,7 milyar. Dana sebesar itu diperuntukkan bagi 5.375 kelompok dengan anggota sebanyak 60.224 orang.

Sesuai dengan tujuannya, jelas Suhendar, PNPM-Mandiri Perdesaan digulirkan untuk menciptakan rakyat desa sejahtera atas dasar hubungan antar pribadi yang merdeka (otonom/mandiri) serta pemulihan kedudukan rakyat desa sebagai subyek pembangunan yang mampu mengelola sendiri kenyataan sosialnya.

Terlebih lagi bila mengkaji visi yang diemban, lanjut Suhendar, tercapainya kesejahteraan dan kemandirian masyarakat dengan misi untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dan kelembagaan, perlembagaan sistem pembangunan parsitipatif, pengefektifan peran dan fungsinya pemerintahan lokal,peningkatan kualitas dan kuantitas prasarana dan rasa sosial dasar dan ekonomi masyarakat serta pengembangan jalinan kemitraan dalam pembangunan.

"Kami berharap, seluruh kegiatan PNPM-MP ini bisa dinikmati dan bermanfaat bagi masyarakat terutama RTM, sehingga ke depannya, ekonomi masyarakat Garut lebih meningkat lagi," pungkas Suhendar.

 

garut-express dot com

Terpopuler

Terbaru

SEJAK DIGULIRKAN, DANA DESA TERUS MENINGKAT

SEJAK DIGULIRKAN, DANA DESA TERUS MENINGKAT

SAPA INDONESIA - SEJAK dana desa digulirkan tahun 2015 lalu...
MENDES PERCEPAT BENTUK HOLDING BUMDES

MENDES PERCEPAT BENTUK HOLDING BUMDES

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
PLN: PEMANGKASAN SUBSIDI UNTUK WILAYAH TIDAK BERLISTRIK

PLN: PEMANGKASAN SUBSIDI UNTUK WILAYAH TIDAK BERLISTRIK

SAPA INDONESIA - MANAGER Senior Public Relations PT Perusahaan...
TEKAN KEMISKINAN, MENSOS TAMBAH 1 JUTA PENERIMA BANSOS PKH

TEKAN KEMISKINAN, MENSOS TAMBAH 1 JUTA PENERIMA BANSOS PKH

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH terus berupaya mengurangi angka...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook