Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMBANGUNAN PARTISIPATIF JADI SOLUSI PENGENTASAN KEMISKINAN DI ACEH

kemiskinan-pemiskinan-pnpmkader

SAPA - Perencanaan pembangunan partisipatif yang diterapkan dalam setiap program pembangunan dinilai bisa menurunkan tingkat kemiskinan di masyarakat Indonesia. Khususnya partisipasi masyarakat dalam merencanakan pembangunan yang dibutuhkan.

Hal tersebut ditegaskan oleh Direktur Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri, Tarmizi Karim, pada silaturahmi bersama pelaku PNPM Mandiri Pedesaan dan Bantuan Keuangan Peumakmu Gampong di Hotel Permata Hati, Jumat malam tadi, 15 Maret 2013.

Ia mengatakan, pembangunan partisipatif merupakan pembangunan yang sejak direncanakan telah melibatkan masyarakat. Sebagaimana yang selama ini telah diterapkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan.

"Persoalan kemiskinan di masyarakat dapat dikategorikan sudah berkerak, sehingga dibutuhkan upaya percepatan pengentasan kemiskinan yang mengedepankan kebutuhan dan kemauan masyarakat," ujarnya.

Di Indonesia, katanya dana yang digulirkan bagi program pemberdayaan masyarakat upaya percepatan pengentasan kemiskinan mencapai Rp 120 triliun. Namun belum sepenuhnya yang dilaksanakan melalui upaya pembangunan partisipatif. Hanya sekitar Rp 10,5 triliun yang dialokasikan bagi program percepatan pengentasan kemiskinan yang dlakukan oleh PNPM Mandiri.

"Padahal bila seluruh anggaran pembangunan yang dialokasikan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dapat dilaksanakan melalui program pembangunan partisipatif, dipastikan kemiskinan yang telah mengakar dapat dituntaskan," katanya.

Namun katanya mengingat faktor kemiskinan bisa memicu terjadinya hal-hal negatif lainnya, makanya hal ini perlu diantisipasi.

"Pembangunan partisipatif ini juga membutuhkan upaya pendekatan yang lebih maksimal di masyarakat. Di tengah kondisi stigma di masyarakat yang telah menggantungkan pembangunan pada pemerintah," katanya.

 

atjehpost dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook