Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TARGET PENURUNAN KEMISKINAN 2 PERSEN DI GUNUNGKIDUL

kemiskinan-pemiskinan-miskingunungkidul

SAPA - Targetkan penurunan kemiskinan dua persen pada 2013 dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunung Kidul Sri Suhartanto, Jumat, mengatakan untuk mengurangi kemiskinan, pemkab berencana membuat tiga desa percontohan pengentasan kemiskinan.

"Ketiga desa itu Banyusoco di Kecamatan Playen, Purwodadi di Kecamatan Tepus dan Desa Kampung di Kecamatan Ngawen. Masing-masing desa memiliki keunggulan dan potensi yang bisa digunakan untuk mengentaskan kemiskinan," katanya.

Berdasarkan data dalam Pendataan Program Perlindungan Sosial(PPLS) 2011 yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah rumah tangga miskin di Gunung Kidul sebanyak 99.277 kepala keluarga (KK).

Jumlah tersebut terbagi dalam tiga kategori miskin, yakni kelompok 1 sebanyak 37.570 KK, kelompok 2 sebanyak 30.853 KK, dan kelompok 3 sebanyak 30.854 KK.

Selain itu, ia mengatakan berdasarkan rapat Bappeda, Desa Banyusoco memiliki potensi industri gula kelapa, Desa Purwodadi memiliki potensi pengolahan tumput laut, dan Desa Kampung memiliki potensi industri batik tulis.

"Kami mengharapkan secara perlahan jumlah angka kemiskinan di Gunung Kidul terus menurun," katanya.

Menurut dia, pengentasan kemiskinan berdasarkan konsep industrialisasi perdesaan yang berbasis lokal, dan potensi yang ada di dalamnnya.

"Pemkab Gunung Kidul sudah membentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah(TKPKD) yang bertugas untuk mengurangi angka kemiskinan. Selain itu, sudah melakukan penelitian tentang kemiskinan bekerja sama dengan Institute For Research and Empowerment (IRE)," katanya.

Dia mengatakan untuk mencapai target pengentasan kemiskinan, ke depan semua program pengentasan kemiskinan dari masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) akan disinergikan.

"Kami juga menggandeng perusahaan, baik negeri maupun swasta, untuk menyalurkan Corporate Social Responbility (CSR) ke desa-desa yang ada di Gunung Kidul. Saat ini sudah ada 10 desa," katanya.

 

ciputranews dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook