Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

3.717 KK TAK DAPAT JAMKESMAS LOLOS PKMS GOLD

kemiskinan-pemiskinan-jamkesmas10

SAPA - Sejumlah 3.717 Kepala Keluarga (KK) yang tidak mendapatkan program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), dinyatakan lolos seleksi untuk memperoleh kartu Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Solo (PKMS) Gold. Dengan begitu, mereka tetap memperoleh layanan kesehatan gratis, atas biaya anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Solo.

Seluruh warga yang tahun 2012 lalu memperoleh Jamkesmas namun tahun ini tak memperoleh lagi, jelas berlaku lagi," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PKMS, DKK Solo, Ida Angklaita, dicover PKMS Gold tanpa verifikasi faktual. Pasalnya, jika mereka harus diverifikasi satu per satu, tambahnya menjawab wartawan, di kantornya, Jumat (15/03/2013), dikhawatirkan waktu yang tersedia tak mencukupi, sebab masa berlaku kartu Jamkesmas tahun 2012, berakhir padaakhir Maret ini.

Yang terpenting, tegasnya, masyarakat memperoleh jaminan kesehatan yang layak. Soal verifikasi faktual, bisa menyusul kemudian. Terlebih dalam pengajuan kartu PKMS Gold khusus bagi warga yang tak lagi memperoleh Jamkesmas, diwajibkan melampirkan surat keterangan tidak mampu dari RT dan kelurahan.

Minimal, surat keterangan tersebut bisa dijadikan pegangan, yang bersangkutan memang layak untuk memperoleh PKMS Gold. Kalaupun suatu saat nanti, terjadi penyimpangan data kondisi ekonomi yang bersangkutan, bisa dilakukan perubahan, semisal migrasi kartu dari Gold ke Silver.

Menjawab pertanyaan kecukupan dana, menyusul pertambahan jumlah pemegang kartu PKMS Gold, Ida menyebutkan, tak terlalu merisaukan. Dengan besaran anggaran Rp 18,5 miliar tahun ini, diperkirakan cukup untuk membayar klain perawatan kesehatan di 13 rumah sakit mitra Pemkot Solo.

Sebagai gambaran dia menyebutkan, klaim dari rumah sakit pada bulan Januari hanya sebesar Rp 700 juta. Jika nanti memang terjadi kekurangan anggaran, bisa diajukan tambahan melalui APBD Perubahan.

 

krjogja dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook