Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENANGANAN KEMISKINAN AKAN TERCAPAI PADA 2014

kemiskinan-pemiskinan-miskinpekanbaru

SAPA - Kementerian Sosial (Kemsos) optimis bahwa target penanganan kemiskinan di Indonesia akan tercapai pada tahun 2014. Melalui Program Keluarga Harapan (PKH) Kemsos yang tengah berjalan, diharapkan sekitar 4,2 juta rumah tangga sangat miskin mampu terentaskan.

"Saya tetap optimis bahwa target penanganan kemiskinan akan tercapai di tahun 2014. Jangan sampai belum terjadi sudah kalah," kata Mensos Salim Segaf Al Jufrie di Jakarta, Sabtu(16/3).

Menurut Mensos, meksipun pengentasan kemiskinan di Indonesia tercapai dengan maksimal, maka perlu dicari kelemahannya agar selama setahun ini bisa diselesaikan namun demikian harus optimis pada tahun 2014 dapat tercapai.

"Contoh di Kemsos ada program Keluarga Harapan, ada 2,4 juta RT sangat miskin ini saja kalau kita tangani bersama seperti rumahnya dan pemberdayaan mereka saya yakin sukses asal dikeroyok bersama-sama pusat dan daerah," katanya.

Mensos mengaku melalui program PKH yang sedang berjalan ini belum sepenuh dengan cepat tapi secara bertahap. Namun demikian hal tersebut bisa tercapai jika dilakukan bersama-sama intansi terkait. Misalnya PKH, tidak mampu membangun jutaan rumah untuk orang-orang miskin. Namun demikian bisa teratasi jika 40 persen dari 2,4 juta rumah tidak layak huni menjadi tanggungjawab Kementerian terkait seperti Kempera untuk membangun rumah tersebut. Kemudian, kementerian yang lain untuk pemeberdayaannya dan seterusnya.

"Saya optimis kalau itu dikeroyok bersama-sama karena kita melihat selalu melihat dengan kebersamaan itu awal dari keberhasilan," tegasnya.

Sementara itu, Mensos setuju wacana perampingan struktur organisasi Kemsos hal ini guna menghindari overlaping dengan kementerian yang lain melakukan kegiatan yang sama misalnya bantuan sosial dalam penanganan kemiskinan. "Saat ini alokasi anggaran bantuan sosial mencapai Rp70 triliun yang ditangani oleh 19 kementerian dan Lembaga. kenapa tidak dirampingkan menjadi 5 kementerian sehingga jadi fokus untuk menyelesaikan penangan kemiskinan," ujarnya.

 

infopublik dot org

Terpopuler

Terbaru

KORUPSI DANA DESA DI BENGKALIS TERJADI KARENA NIAT KADES TIDAK BAIK DARI AWAL

KORUPSI DANA DESA DI BENGKALIS TERJADI KARENA NIAT KADES TIDAK BAIK DARI AWAL

  SAPA INDONESIA - BAIK dari kepala desa maupun perangkat...
GUNUNGKIDUL: PEMKAB MENILAI DATA BPS DINILAI TAK VALID

GUNUNGKIDUL: PEMKAB MENILAI DATA BPS DINILAI TAK VALID

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul...
BOYOLALI: ADD DICAIRKAN PER BULAN, KADES SENANG

BOYOLALI: ADD DICAIRKAN PER BULAN, KADES SENANG

SAPA INDONESIA - ALOKASI dana desa (ADD) mulai tahun ini dicairkan...
MUSLIMAT NU DORONG PERCEPATAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN

MUSLIMAT NU DORONG PERCEPATAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - MUSLIMAT Nahdlatul Ulama (NU) menggandeng...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook