Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ACEH : HARUS TETAP FOKUS PADA PENGENTASAN KEMISKINAN

kemiskinan-sapa-acehkemiskinanfokusSAPA - Program pengentasan kemiskinan harus fokus ke pada masyarakat, sehingga program-program yang dilaksanakan benar-benar memenuhi sasaran, begitu yang diungkapkan Direktur Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri Tarmizi A Karim.

"Menurunkan angka kemiskinan sekarang ini cukup berat. Karena itu, baik pemerintah maupun pihak terkait lainnya harus fokus dalam mengentaskan kemiskinan," katanya di Banda Aceh, Jumat malam, 15 Maret 2013.
Pernyataan tersebut disampaikannya dalam silaturahmi dengan pelaku Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan se Provinsi Aceh.

Ia mengatakan, angka kemiskinan di Indonesia sekarang ini berada di kisaran 13 persen atau sekitar 28 juta jiwa dari total penduduk Indonesia yang masih hidup miskin.
Namun, kata dia, menurunkan angka kemiskinan yang 13 persen ini sepertinya semakin sulit. Buktinya, penurunannya sekarang ini sudah melambat, di kisaran nol koma persen.

"Kalau dulu, ketika angka kemiskinan berada di kisaran 20 persen, penurunannya begitu cepat. Tapi, sekarang rasanya berat sekali penurunnya. Setelah ditelusuri, angka 13 persen ini rupanya keraknya kemiskinan," ungkap Tarmizi A Karim.

Tahun ini saja, kata dia, pemerintah pusat mengalokasikan anggaran mencapai Rp120 triliun untuk mengentaskan kemiskinan. Namun, alokasi anggaran yang cukup besar tersebut tidak bermanfaat jika pengentasan kemiskinan tidak fokus.
Oleh karena itu, sebut dia, butuh kerja keras semua pihak yang terlibat dalam program pengentasan kemiskinan. Dan yang terpenting, pelaksanaan program harus benar-benar fokus.

Selain itu, kata dia, penganggaran untuk program-program pengentasan kemiskinan juga harus ditambah agar akselerasi penurunan angka kemiskinan semakin cepat.
"Selain itu, program pengentasan kemiskinan tersebut harus juga berbasiskan pembangunan kemasyarakatan," ungkap Tarmizi A Karim yang juga mantan Penjabat Gubernur Aceh tersebut.

 


Sumber : diliputnews dot com

 

Terpopuler

Terbaru

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

SAPA INDONESIA - BADAN Usaha Milik Desa (BUMDES) perlu untuk...
YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

SAPA INDONESIA - KETUA Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh...
BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

SAPA INDONESIA - PRODUK jenis jagung di Bengkulu Selatan jadi...
BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Purwakarta Dedi Mulyadi mengumpulkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook